Nasional

TNI AL Gandeng Pemerintah Daerah Tingkatkan Herd Immunity Anak-Anak Madiun

Oleh : luska - Minggu, 16/01/2022 18:04 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID -- TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya, menggandeng pemerintah daerah yaitu Dinas Kesehatan untuk bekerjasama meningkatkan Herd Immunity anak-anak Sekolah Dasar (SD) Madiun yang merupakan pelajar berusia 6 sampai dengan 11 tahun untuk melaksanakan vaksinasi, bertempat di SDN Garon 02, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Jawa Timur. Minggu, (16/01).

Kegiatan yang menargetkan sebanyak 1.000 dosis vaksinasi jenis sinovac baik itu pada dosis pertama dan dosis ke dua ini ditujukan untuk 26 SD dan Madrasah Ibtidaiyah, serta Taman Kanak-Kanak yang melibatkan Tenaga Kesehatan (Nakes) TNI AL sebanyak 30 orang dibantu oleh 10 orang Nakes dari Puskesmas setempat. Selain itu TNI AL Lantamal V juga mengerahkan Bintara Potensi Maritim (Babinpotmar) serta didukung oleh para prajurit Marinir dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V Surabaya.

Pelaksanaan Vaksinasi tersebut ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny.Vero Yudo Margono, Bupati Kabupaten Madiun Bapak H. Ahmad Dawami, serta sejumlah  Pejabat Tinggi TNI AL dan Forkopimda. Ada hal menarik saat peninjauan tersebut, terungkap bahwa SDN Garon 02 merupakan sekolah dasar dimana Kasal sekolah dulu. Pimpinan TNI AL ini juga bertemu dan bersilaturahmi dengan salah satu mantan guru saat masih SD yaitu bapak Suratno yang kini berusia 80 tahun serta teman-teman saat masih SD.

Kasal dalam kesempatan ini menceritakan bahwa, SD Garon 02 ini dulu masih berdindingkan kayu, dan setiap hari Senin upacara Kasal sering diminta tampil kedepan membacakan UUD 45. Selain itu, sejak dulu selalu menjaga kebugaran dengan melaksanakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) yang sekarang diterapkan di TNI AL dalam setiap waktu olahraga. Sementara itu, Kasal berkomitmen untuk siap menyukseskan program vaksinasi anak-anak dengan cara siap membantu kegiatan vaksinasi dimanapun selama jumlah vaksin tersedia serta menyiapkan kebutuhan sarana prasarana milik TNI AL untuk digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi.

Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi yang diperuntukkan bagi orang Dewasa, untuk memudahkan mobilitas anak-anak yang akan melaksanakan Vaksinasi ini, TNI AL dan Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun memfasilitasi transportasi antar jemput disejumlah titik Kecamatan yang ada di Kabupaten Madiun.
  
Digelarnya vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak Indonesia merupakan langkah nyata, dalam membentuk kekebalan kelompok pada generasi yang akan menjadi masa depan bangsa, terlebih saat ini para pelajar telah memasuki proses belajar secara tatap muka, sehingga diharapkan setelah divaksin proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik serta aman.
 
Kegiatan vaksinasi kepada para pelajar SD di kota Madiun, sejalan dengan prioritas Kasal yaitu keberadaan TNI AL harus bermanfaat untuk masyarakat di sekelilingnya.  

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI AL, para Kadis terkait dan Forkopimda Kota Madiun. (Lka)

 

Loading...
TAGS : TNI AL

Artikel Terkait