Nasional

Gempabumi Banten, Kepala BNPB Dampingi Wakil Presiden Tinjau Lokasi Terdampak

Oleh : very - Kamis, 20/01/2022 15:01 WIB

Wakil Presiden Ma`ruf Amin meninjau warga terdampak gempa Banten. (Foto: BNPB)

Banten, INDONEWS.ID --- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mendampingi Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin meninjau lokasi terdampak gempabumi M 6,6 di Kampung Cibeulah, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (20/1).

Dalam peninjauan tersebut Wakil Presiden bersama Kepala BNPB melihat langsung situasi dan kondisi terkini pascagempabumi. Di samping itu, Wapres juga menyempatkan diri berdialog dengan warga terdampak untuk menyerap aspirasi, harapan dan segala hal yang dibutuhkan selama masa tanggap darurat.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB melalui siaran pers mengatakan, Wapres menjelaskan bahwa kehadirannya bersama pimpinan Kementerian dan Lembaga terkait merupakan wujud kehadiran negara di tengah masyarakat guna meringankan beban dan mempercepat penanganan darurat pascagempabumi.

“Kami hadir di sini tentunya untuk membantu bapak dan ibu sekalian yang terdampak gempabumi,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin meminta agar warga segera didata untuk kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Dia juga meminta agar pemerintah kabupaten bersama pemerintah pusat segera mengambil kebijakan untuk melakukan relokasi atau hal lain yang dianggap perlu, mengingat wilayah tersebut merupakan zona merah gempabumi.

“Apakah (masyarakat) ini sebaiknya dilakukan relokasi, supaya ini tidak terus menerus terjadi kerusakan maupun dampak lain dari gempabumi,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Menutup peninjauan, Wapres memberikan bantuan kepada warga terdampak berupa sembako dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan. Turut mendampingi Wakil Presiden dalam peninjauan tersebut Menteri Sosial Tri Risma Harini dan Bupati Pandeglang Irna Narulita. ***

Loading...

Artikel Terkait