Nasional

Kisah Sukses Dewi Lestari, Alumni SMA Teladan Jakarta Bangun Perusahaan Logistik Nasional

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 23/01/2022 08:59 WIB

Director Of Marketing and Development PT Elang Buana Dewi Lestari (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kiprah Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Teladan Jakarta dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia tak perlu diragukan lagi. Zaman telah membuktikan hal itu.

Sejumlah tokoh nasional baik yang sudah purna tugas maupun yang masih aktif merupakan lulusan sekolah yang beralamat di Jalan Setiabudi, Jakarta Selatan ini.

Para alumninya berkarir di berbagai bidang mulai dari menjadi pejabat, politisi, hingga pengusaha seperti Rachmat Gobel (Wakil Ketua DPR RI aktif), Menteri BUMN Erick Thohir (aktif), Aburizal Bakrie (owner bakrie group) dan masih banyak lainnya.

Dalam tulisan ini, media ini menghadirkan kisah sukses salah satu alumnus SMA Teladan yakni Dewi Lestari. Perempuan tangguh ini telah berkontribusi dalam membangun bangsa dengan caranya sendiri, yakni mendirikan perusahaan logistik nasional.

Dewi Lestari merupakan alumnus SMA Teladan angkatan 86. Ia sukses mendirikan perusahaan logistik nasional Elang Logistic Company di bawah bendera PT Elang Buana Perkasa.

Dewi sendiri menjabat sebagai Director Of Marketing and Development pada PT Elang Buana Perkasa, perusahaan yang ia dirikan persis pada saat Indonesia menghadapi krisis moneter (krismon) pada 1998.

Elang Logistics merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa titipan untuk pengiriman dokumen dan paket berbagai ukuran mulai dari ukuran kecil hingga jumlah besar (cargo), yang telah berdiri sejak tahun 1998.

"Bertolak dari seringnya melihat kebutuhan banyak perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman barang terpercaya untuk tujuan Luar Negeri maupun Dalam Negeri, maka pada tahun 2000, kami memperluas service layanan kami untuk menangani pengiriman cargo baik melalui Udara, darat dan laut," kata Dewi Lestari dalam sebuah wawancara.

Dewi menuturkan, nekat dan keberanian adalah modal terbesar dalam memulai usahanya. Sebab saat itu ia tidak punya modal yang cukup untuk memulai usahanya. Bahkan selama 7 tahun beroperasi, Dewi belum merasakan keuntungan apapun dari usaha yang dikerjakannya.

Sebab semakin banyak customer, katanya meyakinkan, semakin banyak pula modal dan uang yang dikeluarkan untuk membiayai operasinal perusahaan. Saat itu, Dewi mengisahkan, dirinya hanya memiliki modal sebesar Rp8 juta yang digunakan untuk menyewa kantor.

"Saat itu kita punya dua mobil. Satunya kita pakai untuk armada dan satunya lagi kita pakai untuk market. Kita usaha itu memang dari nol. Kita baru menikmati ada uang itu setelah 7 tahun kita usaha."

Dewi mengatakan nilai dan komitmen yang dipegang perusahaannya adalah kepuasan, kepercayaan dan kejujuran pelanggan. Ini menjadi resep jitu dalam menjalankan usahanya sehingga bertahan hingga saat ini.

Dewi berpesan bagi para perempuan yang berjiwa entrepreneur di seluruh Indonesia adalah kerjakan sesuatu yang merupakan hobi. Selain itu, jangan gampang putus asa.

Selama 20an tahun berdiri, Dewi Lestari terus melebarkan sayap usahanya dengan membangun jaringan untuk menjangkau customer di seluruh daerah di Indonesia dan luar negeri.

Mengutip company profile Elang Logistics, saat ini perusahaan Elang Logistics juga melayani kebutuhan pelanggan untuk mengerjakan barang-barang pindahan atau memindahkan barang-barang pindahan (moving).

Dengan jaringan yang luar, Elang Logistics memberikan kemudahan pengiriman dokumen, paket maupun barang cargo dengan tujuan ke mana saja secara tepat dan aman.

Dan yang terpenting adalah penawaran harga yang terjangkau. "Your Trusted Partner" adalah motto kami, maka kami bertekad untuk memberikan pelayanan terbaik (Service Priority ) kepada pelanggan kami sebagai prioritas utama," yakin Dewi Lestari.*

Saat ini, perusahaan Elang Logistik milik Dewi Lestari telah memiliki ribuan karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Semoga menginspirasi.

Profil Dewi Lestari

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas dari SMA Teladan Jakarta, Dewi meneruskan pendidikan tinggi dengan mengambil bahasa di Akademi Bahasa Asing selama 1986 hingga 1989.

Pada tahun yang sama selama 1986 hingga 1988, Dewi bekerja sebagai Staf IT di PT Adiguna Shipbuilding & Engineering. Kemudian pada 1988 hingga 1991, Dewi bekerja sebagai sekretaris di PT Meco.

Kemudian selama 3 tahun dari 1991 hingga 1994, bekerja pada posisi billing di PT Lane Moving & Storace dan menjadi sekretaris di PT Bina Petrindo Utama sejak 1994 sampai dengan 1998 selama 4 tahun.

Pada 1998, Dewi akhirnya memutuskan untuk memulai usahanya sebagai pendiri dengan mendirikan PT. Elang Buana Perkasa/Elang Logistics. Di perusahaan yang didirikannya, Dewi menjabat sebagai Marketing Director and Development hingga sekarang.

Pada 2021 hingga saat ini, Dewi menjabat sebagai Managing Director PT Galuh Nature Indonesia, sebuah perusahaan eksportir green bean coffee, cocoa & tea.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait