Nasional

Danlanud Silas Papare Inisiasi Kegiatan Silaturahmi Kebangsaan TNI-Polri Bersama FKUB Provinsi Papua

Oleh : luska - Kamis, 27/01/2022 20:53 WIB

Silas Papare, INDONEWS.ID - Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi memimpin pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah Papua yang dikemas dalam kegiatan Silaturahmi Kebangsaan TNI-Polri bersama Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Papua, dilaksanakan di Wisma Atlet, Sentani, Jayapura, Kamis (27/01). 

Danlanud Silas Papare dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberagaman masyarakat Indonesia merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dijaga dan dipertahankan sebagai kekuatan bangsa Indonesia. Ditengah dinamika sosial dan masyarakat Papua, termasuk didalamnya keberagaman agama, bukan penghalang untuk tetap hidup rukun, saling mengayomi dan melindungi sebagai saudara sebangsa dan setanah air. 

"Terimakasih kepada Bapak Pendeta Lipiyus Biniluk yang telah berkenan menerima kami beserta rombongan di tempat ini, teriring harapan kegiatan ini akan berjalan dengan lancar dan membawa manfaat yang besar bagi terciptanya kedamaian yang penuh kasih di Provinsi Papua," tambah Danlanud.

Lebih lanjut, Danlanud menambahkan bahwa kerukunan umat beragama adalah sesuatu yang tidak otomatis terjadi begitu saja, namun merupakan hasil dari kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme golongan akan membawa kehancuran. 

"Kerukunan yang selama ini sudah terjalin harmonis, merupakan hasil ikhtiar bersama untuk hidup saling menghormati, tidak memberi ruang dalam tumbuhnya rasa saling curiga dan berkembangnya benih-benih permusuhan yang memecah persatuan dan persaudaraan bangsa," tambah Danlanud. 


Selanjutnya Marsma Budhi mengatakan, selaku unsur kepanjangan tangan pemerintah, Danlanud menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada hadirin sekalian, pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama. Dalam kesehariannya tanpa kenal lelah menjaga dan memupuk kerukunan dan toleransi di tengah masyarakat yang sangat majemuk. 

Hal senada disampaikan Ketua FKUB Provinsi Papua, Pendeta Lipiyus Biniluk bahwa target yang ingin dicapai FKUB Provinsi Papua adalah kerukunan umat beragama di tanah Papua, melalui forum silaturahmi seperti ini diharapkan warga masyarakat Papua dapat hidup rukun, aman dan damai tidak ada hal yang merugikan umat manusia. 

"Untuk menuju aman, rukun dan damai itu memang salah satunya seperti ini saling bertemu dan bertatap muka bersama TNI Polri dan Forum Kerukunan Umat Beragama." tambah Pendeta Lipiyus Biniluk. 

Pendeta Lipiyus Biniluk mengatakan, hari ini kita akan duduk disini untuk melaksanakan diskusi yang diselenggarakan oleh Komandan Lanud Silas papare yang mana Komandan punya kerinduan dimana kita bisa membangun suatu kedamaian bersama-sama melalui komunikasi yang akan kita mulai lakukan.


"Kami Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua sangat terbuka kepada semua unsur baik pejabat TNI Polri maupun masyarakat untuk melaksanakan diskusi dan membahas terkait permasalahan di Papua." pungkas ketua FKUB Provinsi Papua. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt. Lipius Biniluk, M.Th, Danlantamal X Jayapura Brigjen Mar Feryyanto Pardamean Simarpaung, M.Tr.,Opsla, Waaster Kasdam XVII/Cenderawasih Letkol Lambert J. Mailowa, Dandodikjur Rindam XVII/Cenderawasih Letkol Inf I.K Yandewoa, Kapolres Jayapura AKBP Fredickus W.A Maclarimboen, S.IK, Kepala Bank Indonesia Kantor Wilayah Papua Naek Tigor Sinaga. (Lka)

TAGS : Silas papere

Artikel Terkait