Bisnis

Perumnas Gelontorkan Dana Rp200 Juta Guna Wujudkan UMK Mandiri di Takalar, Sulawesi Selatan

Oleh : very - Senin, 31/01/2022 19:18 WIB

Produsen Batu Bata Merah Muh Arifin di Takalar Sulawesi Selatan. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Dalam upaya pemberdayaan UMK (Usaha Mikro Kecil) secara berkelanjutan, Perumnas terus menyalurkan bantuan pinjaman kepada para pelaku UMK di berbagai daerah. Salah satunya adalah penyaluran pendanaan modal kepada Kelompok Produsen Batu Bata Merah di Takalar, Sulawesi Selatan. Perumnas menyalurkan pinjaman modal tersebut sebesar Rp200 juta.

Program ini merupakan salah satu program unggulan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perum Perumnas yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas para UMK.

Perumnas berusaha komitmen untuk berkontribusi pada kehidupan masyarakat dan menciptakan manfaat bersama serta dengan memastikan program berkelanjutan yang selaras dengan bisnis korporasi atau mewujudkan creating shared value (CSV).

Penyaluran pendanaan usaha mikro kecil utamanya yang sesuai dengan core bisnis perusahaan, telah dilakukan oleh Perumnas salah satunya kepada Produsen Batu Bata Merah Muh Arifin di Takalar Sulawesi Selatan.

Tidak hanya itu, selain memproduksi batu bata, Muh Arifin juga memperjualbelikan batu bata milik produsen lain di sekitar wilayah Takalar sebagai pengembangan usaha dalam rangka pemenuhan kebutuhan penggunaan batu bata di wilayah tersebut. Segmentasi pasarnya sangat luas terhadap pembangunan infrastruktur di wilayah Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi, Perumnas melihat Muh Arifin sebagai pemasok aktif di Proyek Perumnas sejak 15 tahun yang lalu dengan kualitas yang bagus, serta telah berhasil membawa 20 produsen batu bata lain di sekitar wilayahnya untuk menjadi supporting dalam pembangunan proyek-proyek perumahan Perumnas maupun perumahan lainnya di wilayah tersebut.

“Ke depannya berharap usaha dapat semakin maju serta promosi penjualan makin luas. Selain itu dapat juga membuka lapangan pekerjaan utamanya bagi ibu-ibu disekitar wilayah Takalar,” ucap Arifin.

Perumnas memberikan layanan fasilitas pendanaan usaha mikro sebagai tambahan modal kerja kepada produsen Batu Bata Merah Muh Arifin dengan jasa administrasi yang sangat rendah yaitu 6% per tahun.

Perumnas juga memberikan dukungan berupa pembinaan dan pendampingan usaha guna mewujudkan UMK Tangguh, Mandiri dan Naik Kelas.

Program pendanaan modal dari Perumnas kepada para UMK dengan skema bantuan pinjaman seperti ini dapat membangun dan meningkatkan kapasitas UMK yang sustain, memiliki kapabilitas dan kualitas yang mampu bersaing dengan market sejenis, sehingga UMK tersebut dapat mengambil peran sebagai segmen yang berkontribusi membangun perekonomian nasional ke depannya.

Perumnas merupakan salah satu BUMN yang mempunyai tugas pokok menyediakan perumahan dan pemukiman bagi masyarakat menengah ke bawah. Beberapa kawasan pemukiman skala besar telah dibangun melingkupi area Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang kini telah berkembang, menjadi kota baru dan berfungsi sebangai kota penyangga ibukota Jakarta.

Dengan memiliki cakupan area operasional dari Sabang sampai Merauke, Perumnas telah membangun di lebih dari 187 kota dan 400 lokasi di seluruh Indonesia. ***

Artikel Terkait