Daerah

BPKP Jambi Siap Tingkatkan Kualitas LKPD pada Pemda di Wilayah Jambi

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 02/02/2022 15:15 WIB

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menjadi narasumber dalam acara Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi, Senin (31/1).

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menjadi narasumber dalam acara Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi, Senin (31/1).

Bertemakan Sinergi Mendukung Peningkatan Kualitas, Akuntabilitas dan Transparansi LKPD, acara ini diikuti oleh seluruh Bakeuda/BPKAD/DPPKAD di lingkungan Provinsi Jambi.

Rapat Koordinasi ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Supendi diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman seluruh Pemerintah Daerah di lingkup wilayah Provinsi Jambi atas Sistem akuntansi dan implementasi standar akuntansi pemerintah daerah.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menjelaskan bahwa penyusunan APBD dan LKPD telah ada pengaturan/regulasi yang jelas pada setiap tahapan mulai perencanaan sampai pertanggungjawaban dan pelaporan serta telah ada unsur pengendalian intern yang harus diikuti oleh semua pemangku kepentingan.

Persoalan kesulitan dalam menyusun LKPD telah dibantu dengan aplikasi SIMDA/FMIS dan SIPD. Sehingga sudah saatnya kita bicara quality spending.

Peran BPKP dalam dalam peningkatan kualitas LKPD diantaranya dalam pembinaan maturitas SPIP, peningkatan kapabilitas APIP, pemberian consulting/asistensi dalam implementasi SPIP serta peningkatan kapabilitas APIP, reviu LKPD, penyusunan LKPD dan pemberian consulting/asistensi implementasi Sistem Managemen Keuangan Daerah/FMIS.

Acara ini juga menghadirkan narasumber Kalan BPK Provinsi Jambi Rio Tirta dan ditutup dengan penyerahan tanda penghargaan pada 3 Pemda Terbaik oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jambi, Supendi.*

 

Artikel Terkait