Pojok Istana

Presiden: Pemerintah Akan Salurkan BLT Minyak Goreng Mulai April

Oleh : very - Sabtu, 02/04/2022 19:01 WIB

Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat (01/04/2022). (Foto: Youtube)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Pemerintah mengumumkan untuk memberi Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat (01/04/2022). 

"Kita tahu, harga minyak goreng naik cukup tinggi (di pasaran) sebagai dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberi BLT minyak goreng," ungkap Presiden dalam keterangan resminya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Pemberian bantuan terserbut, kata Presiden, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat. 

Kepala Negara menjelaskan, bantuan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang terdaftar sebagai penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).  

"Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanaan gorengan," ujar Presiden.

Presiden mengatakan, mekanisme bantuan akan diberikan sebesar Rp 100 ribu untuk setiap bulan. Untuk bantuan langsung pertama ini, kata Presiden, akan disalurkan untuk tiga bulan ke depan yaitu April, Mei hingga Juni.

"Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp 100 ribu setiap bulannya. Pemerintah akan memberi bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni, yang akan dibayarkan di muka pada bulan April 2002 sebesar Rp 300 ribu," ujar Presiden. 

Untuk pelaksanaan bantuan tersebut, Presiden memerintahkan Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dengan dibantu TNI serta Polri untuk berkoordinasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut dapat berjalan lancar. ***

 

Artikel Terkait