Nasional

Tsamara Menyayangkan Keputusannya Keluar dari PSI Dikaitkan dengan Cuitan Ini

Oleh : very - Rabu, 20/04/2022 22:28 WIB

Tsamara bersama suami. (Foto: Pikiran Rakyat.com)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Tsamara Amany memilih keluar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan alasan pertimbangan pribadi. Karena pertimbangan pribadi itulah ada yang berspekulasi terkait alasan hengkangnya alumnus dari Universitas Paramadina tersebut.

Melalui akun Twitternya, @TsamaraDKI, seperti dipantau pada Rabu (20/4/2022), Tsamara mengunggah tangkapan layar cuitan suami Tsamara tentang kinerja Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam penanangan pandemi Covid-19.

Netizen tersebut kemudian mengaitkan keputusan Tsamara dengan cuitan tersebut terkait alasan keluarnya Tsamara dari partai yang telah membesarkan namanya itu.

Dalam cuitannya, Tsamara merasa heran dengan hal tersebut. Dia menyebutkan bahwa politik hari ini menganggap perempuan tidak bisa independen dalam mengambil keputusan.

"Politik hari ini: perempuan dianggap tidak bisa mengambil keputusan secara independen. Seolah perempuan itu objek lemah yang dengan mudah `disuruh` dan `dipengaruhi` oleh laki-laki," kata Tsamara dalam cuitannya.

Menurutnya, alasan tersebut dicari-cari dan terkesan norak.

"Dan, agak norak nggak sih, cari twit pasangan saya yang dari dulu nggak pernah tertarik politik praktis?" kata Tsamara.

Tsamara mengatakan dirinya maupun sang suami memiliki pemikiran masing-masing. Terkait karier misalnya, dia mengatakan keputusannya juga dilakukan secara independen.

"Saya dan @ifalatas itu sudah sama-sama dewasa. Kami punya pemikiran masing-masing. Terkadang sama, terkadang beda. Nggak apa-apa dalam pernikahan kan memang perjalanan saling melengkapi. Dan kami bisa ambil keputusan yang menyangkut karier kami secara independen," kata Tsamara.

Seperti diketahui, Ismail Fajrie Alatas, yang merupakan suami Tsamara pernah mencuit pernyataan mengapresiasi kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Salut dengan kinerja Pak Gub @aniesbaswedan dalam penanganan COVID-19. Berdoa dan berharap yang terbaik utk Jakarta dan Indonesia” “ cuitnya.

Anies Baswedan kemudian menanggapi cuitan tersebut dengan mengatakan “Pemprov DKI Jakarta prioritaskan keselamatan warga. InsyaAllah kita semua segera terbebas dari wabah ini, dan bisa kembali berkegiatan dengan baik”. Seperti dilihat bahwa cuitan Anies tersebut dibuat pada 11 Maret 2020 lalu.

Lalu, ada netizen yang mengaitkan cuitan tersebut dengan alasan Tsamara keluar dari PSI. “Pantesan Tsamara Amany kluar dr PSI. Ternyata suaminya...,” cuitnya.

Sebelumnya, dalam video pernyataan pengunduran diri dari PSI, Tsamara mengatakan berterima kasih karena telah mendapat banyak kesempatan dari PSI.

"Selama 5 tahun mengabdi di PSI sebagai Ketua DPP, per hari ini, 18 April 2022, saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI," katanya seperti dikutip detikcom.

Dia mengatakan bahwa keputusannya itu telah dipertimbangkan secara pribadi. ***

Artikel Terkait