Daerah

Usung 5 Tuntutan, GMKI Cabang Makassar Gelar Demonstrasi

Oleh : very - Kamis, 21/04/2022 18:23 WIB

Demonstrasi GMKI Makassar. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Ratusan mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) kembali melakukan demonstrasi guna menyikapi beberapa isu yang sedang bergulir di tengah masyarakat.

Aksi yang dilaksanakan pada Selasa (19/4) bertajuk Indonesia Gawat Darurat (IGD). Aksi demonstrasi kali ini dilaksanakan di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan (DPRD Pemprov Sulsel)Jl. Urip Sumoharjo.

Kordinator aksi, Untung Saranga mengatakan, dalam demonstrasi ini GMKI menekankan 5 poin tuntutan terkait isu yang sedang bergulir di masyarakat. Kelima tuntutan tersebut yaitu, pertama, menolak kenaikan harga, tuntaskan kelangkaan, dan tindaki mafia BBM.

“Kedua, pemerintah agar melakukan tindakan terhadap mafia bahan pokok. Ketiga, menolak dan meminta pemerintah mencabut kebijakan kenaikan pajak penambahan nilai (PPN) dari 10% sampai 11%,” ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (21/4).

Keempat, mendesak legislatif tetap tegak menjaga amanat reformasi, sekaligus menutup segala celah untuk wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden republik Indonesia.

“Kelima, mencopot menteri yang mengeluarkan wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden republik Indonesia. Para menteri tersebut yaitu Menteri Perdagangan, Menteri Investasi, dan Menteri Koordinator Kemaritiman,” ujarnya.

Aksi yang dimulai sekitar pukul 14.00 WITA ini diawali dengan longmarch dari student center GMKI hingga di depan kantor DPRD Pemprov Sulsel. Aksi kemudian dilanjut dengan orasi dan nyanyian yang dilaksanakan oleh para demonstran.

Menjelang pukul 17.30 WITA masa aksi akhirnya ditemui oleh Abdul Latif selaku perwakilan dan staf penerima aspirasi DPRD Pemprov Sulsel. Setelah serah terima tuntutan dari pihak aksi demostran ke perwakilan DPRD Pemprov Sulsel Abdul Latif berjanji untuk meneruskan tuntutan tersebut ke pimpinan DPRD.

"Jangankan tenggang waktu 1 minggu yang adik-adik mintakan, malam ini juga akan segera saya buatkan laporan dan akan segera juga saya teruskan kepada pimpinan DPRD," ujarnya.

Diakhir aksi, GMKI Cabang Makassar menegaskan bahwa pihaknya kembali melakukan aksi lanjutan guna mengawal tuntutan yang disampaikan kepada perwakilan dari DPRD Pemprov Sulsel.

"Aksi ini bukan aksi terakhir dari kawan-kawan GMKI Cabang Makassar. Kami akan datang kembali untuk meminta kejelasan dari tuntutan yang kami suarakan pada hari ini dan tentunya dengan massa yang lebih banyak lagi,” pungkas Untung. ***

Artikel Terkait