Nasional

Jalankan Program EBITDA TRANSFORMASI, PTPN VI Hemat Pendapatan hingga 3 Persen

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 25/04/2022 19:20 WIB

PT Perkebunan Nusantara VI atau PTPN VI Jambi (Foto: Ist)

Jambi, INDONEWS.ID – Program EBITDA Holding Perkebunan ternyata memang terbukti manjur. Jalankan Program EBITDA bidang transportasi, PTPN VI efisiensi pendapatan hingga 3 persen

Sebelumnya sebagai informasi, Transformasi EBITDA adalah program holding untuk mengerem atau mengefisiensi pengeluaran perusahaan.

Taufik Pulungan, Kabag Pengadaan dan T.I PTPN VI menyampaikan hal itu pada awak media baru-baruini. Menariknya, PTPN VI pertama kali di holding perkebunan yang berhasil mengeksekusi dan melakukannya.

"Segi transportasi kita bias efisien pengeluaran 3 persen. Ini program holding diberi nama Ebitda. Cuma kita yang baru eksekusi Ebitda ini," jelas Taufik Pulungan, Kabag Pengadaan dan IT PTPN VI, kemarin.

Taufik bilang,transformasi Bisnis telah dilakukan melingkupi seluruh pengangkutan dari hasil kebun baik berupa TBS, CPO,PK hingga teh.

"Transformasi ini kita lakukan menggunakan metode pengadaan secara Integrasi Procurement System` (IPS). Kita melibatkan dengan cara mengundang vendor yang terdaftar di PTPN Group. Mulai Nampak ada efisiensi hingga 3 persen,`` paparnya.

Menurut Taufik, dalam pelaksanaan yang mulai berlangsung pada 1 Januari lalu, pihaknya menetapkan bahwa transportasi yang di sediakan vendor harus detail sesuai klausul.

"Vendor harus sediakan minimal 30 persen armada baru. Kita tak mau dalam pelaksanaan menggunakan armada tua yang bisa menghambat jalannya operasional hasil kebun ke pabrik," uraiTaufik.

EBITDA merupakan singkatan dari Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi.

Secara umum, istilah ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur performance keuangan sebuah perusahaan.*(Erwin Majam).

Artikel Terkait