Gaya Hidup

7 Cara Alami Untuk Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Oleh : very - Rabu, 18/05/2022 07:14 WIB

Seorang ibu sedang mengenakan popok pada bayi. (Foto: Ist)

 

INDONEWS.ID - Setiap bayi memiliki potensi mengalami ruam popok dan jika Anda tidak segera mengobatinya ruam tersebut bisa luka serius pada area genital si kecil. Biasanya, kondisi ruam popok ini bisa terjadi karena kelembaban di mana kelembaban yang meningkat bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada kulit akibat adanya gesekan dengan popok. Akibatnya, pertahanan kulit si kecil akan lebih mudah rusak dan menyebabkan iritasi yang bisa membahayakan kesehatan bayi. Berikut 7 cara alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi, yaitu:

 

1. Ganti Popok Secara Berkala Atau Gunakan Celana Kain

Sebuah penelitian di dalam jurnal dengan judul ‘Skin Therapy Letter’ yang penelitiannya dilakukan oleh Humphrey dan lainnya menyarankan agar para ibu mengganti popok si kecil setiap 3 sampai 4 jam sekali agar ruam pada tubuh bayi akibat dari popok yang digunakan oleh si kecil tidak terjadi. Ketika Anda akan menggantikan popok pastikan jika area tersebut telah kering. Anda bisa mengeringkannya dengan lembut dan jauhkan untuk sementara pokok dari si kecil sampai pantat si kecil benar benar kering.

Selain itu, Anda juga bisa mengganti penggunaan popok dengan celana kain di mana celana dengan bahan kain akan jauh lebih lembut jika digunakan pada bayi Anda.

 

2. Menggunakan Popok Yang Sesuai

Ruam yang terjadi juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan popok yang tidak tepat. Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan popok dengan jenis yang dapat menyerap cairan secara maksimal agar kulit si kecil bisa tetap terjaga dan lembab. Popok dengan fungsi seperti ini ada banyak, Anda bisa temukan yang terbaik dengan mengunjungi Pickybest yang merekomendasikan popok dari berbagai merek.

Selain itu, terkadang ada bayi yang memang memiliki alergi terhadap pewarna pada popok bayi sehingga hal tersebut akan memberi efek munculnya ruam pada tubuh. Ketika Anda melihat tubuh bayi Anda memiliki banyak ruam, coba lah untuk mengganti jenis popok ke popok dengan warna putih polos.

 

3. Membilas Pantat Bayi Dengan Air Hangat

Bilas tubuh bayi menggunakan air hangat atau dengan bola bola kapas yang telah dibasahi oleh air hangat tersebut. Selain itu, untuk membantu membersihkan kotoran daru pantat bayi Anda bisa menggunakan bantuan minyak pada si kecil. Bersihkan dengan lembut area tersebut. Ketika Anda menggunakan minyak jangan lupa untuk memastikan jika minyak tersebut tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

 

4. Menghindari Penggunaan Bedak

Menggunakan bedak bayi dapat membuatnya bercampur dengan urine serta keringat sehingga hal tersebut dapat membuat area popok si kecil menjadi lembab sehingga akan menyebabkan timbulnya iritasi.

 

5. Menggunakan Popok Dengan Ukuran Lebih Besar

Jika si kecil menggunakan ukuran popok yang ketat hal tersebut akan membuat kulit bayi menjadi lembab karena tidak ada ruang. Dengan menggunakan popok yang memiliki ukuran lebih besar dapat mengurangi iritasi yang terjadi pada si kecil serta kelembaban yang bisa menyebabkan ruam pada tubuh anak.

 

6. Gunakan Salep Secara Teratur

Kalau si kecil sering mengalami ruam pada tubuhnya sebaiknya Anda memberi area ruam akibat popok tersebut dengan mengoleskan salep ruam popok bayi secara teratur saat mengganti popok untuk menghindari risiko iritasi kulit semakin parah.

 

7. Beri Jeda Penggunaan Popok

Kalau kondisinya memungkinkan sebaiknya Anda menghentikan sementara penggunaan popok pada si kecil agar kulit bayi tanpa popok bisa terekspos dengan udara alami sehingga kering dan lembab.

Demikianlah penjelasan kami mengenai 7 cara alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Semoga ulasan yang kami berikan ini bisa membantu Anda dalam mengatasi ruam popok pada si kecil. Selain itu, cara yang kami berikan ini menggunakan cara yang alami sehingga akan sangat aman bagi si kecil khususnya jika bayi Anda memiliki alergi pada bahan bahan kimia. ***

Loading...

Artikel Terkait