Daerah

Geng Motor Ikrar Bubarkan Diri di Gedung DPRD Kabupaten Bogor

Oleh : indonews - Sabtu, 28/05/2022 20:46 WIB

Kelompok geng motor dengan kesadaran penuh membubarkan diri. Ikrar untuk tidak lagi berbuat melanggar hukum lewat kelompok geng motor disampaikan di gedung DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (27/5/2022). (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS. ID - Kelompok geng motor dengan kesadaran penuh membubarkan diri. Ikrar untuk tidak lagi berbuat melanggar hukum lewat kelompok geng motor disampaikan di gedung DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (27/5/2022).

Hadir pada ikrar ini, Kapolres Bogor, Kasat Reskrim, Kabag Ops, Kasie Humas Polres Bogor, Dandim Kabupaten Bogor serta anggota DPRD Kabupaten Bogor.

Aksi kejahatan pencurian dengan kekerasan maupun tawuran antar genk motor di kalangan remaja meningkat di Kabupaten Bogor.

Sat Reskrim Polres Bogor beberapa kali sudah mengamankan para pelaku. Terbaru, di Kecamatan Tenjolaya. Polres Bogor yang sedang patroli di malam hari, mengamankan anggota geng motor  "All Brothers Netral" yang saat itu akan melakukan tawuran.

"Semalam, kami mengamankan 18 anggota genk ‘All Brothers Netral’ yang akan melakukan tawuran. Dari tangan seorang anggota geng tersebut, kami mengamankan senjata tajam jenis clurit," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin kepada wartawan, Jumat, 27 Mei 2022 di loby gedung dewan.

Dari hasil pemeriksaan,  mereka rata-rata berusia dibawah 18 tahun. Ada yang masih duduk di bangku SMP.

Orangtua para pelaku tawuran, sudah dipanggil untuk dilakukan pembinaan.

"Masih anak-anak remaja. Kami pulangkan mereka ke orangtuanya. Kepada orang tuanya, kami minta dilakukan pembinaan hingga anak-anak remaja tersebut tidak lagi masuk geng motor dan terlibat tawuran atau aksi kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat," ujar AKBP Iman.

Kapolres menegaskan, pihaknya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Kabupaten Bogor, eks XTC Kabupaten Bogor dan eks geng motor lainnya melakukan deklarasi pembubaran genk motor ini, guna menjaga suasana kondusif masyarakat.

"Beberapa eks genk motor sudah menyatakan bubar dan masuk ke organisasi masyarakat, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). IMI Korwil Kabupaten Bogor akan melakukan pembinaan kepada eks genk motor ini," ungkap Kapolres.

Ketua IMI Korwil Kabupaten Bogor, Aan Triana Al-Muharom bersama Polres Bogor, Kodim 0621 dan Pemkab Bogor siap bersinergi menjaga ketertiban, keamanan dan kondusufitas di Bumi Tegar Beriman.

"Bersama Muspika dan Muspida Kabupaten Bogor, kami siap menjaga ketertiban, keamanan dan kondusufitas di Bumi Tegar Beriman. Kaml akan merangkul dan membina eks genk motor maupun klub hobby dan klub prestasi yang bergerak di bidang otomotif," kata Aan Triana.

Luasnya wilayah jelajah dan banyaknya komunitas otomotif atau motor ini, butuh sinergi semua pihak.

"Ada ratusan komunitas otomotif di Kabupaten Bogor. Kami berharap mereka bergabung di IMI Korwil Kabupaten Bogor. Kedepan kami akan road show ke 40 kecamatan untuk melakukan pendataan," ujarnya. (yopi)

 

Loading...

Artikel Terkait