Gaya Hidup

Pahami 5 Tren Bisnis yang Sedang Berkembang di Indonesia

Oleh : very - Selasa, 21/06/2022 17:08 WIB

Lima bisnis yang berkembang di Indonesia. (Foto: : Seputarlampung.pikiranrakyat.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tidak bisa dipungkiri bahwa sektor bisnis di Indonesia memang selalu berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Akan selalu ada tren bisnis baru yang penting untuk pebisnis pahami. Lalu, apa saja tren bisnis yang sedang berkembang di Indonesia itu?

5 Tren Bisnis yang Sedang Berkembang

Inilah beberapa tren dalam dunia bisnis yang sedang berkembang di Indonesia:

  1. Afiliasi

Tren bisnis pertama yang sekarang ini masih terus berkembang di Indonesia adalah afiliasi. Ini seperti sebuah cara perusahaan untuk bisa memaksimalkan kegiatan pemasaran. Affiliator adalah orang yang nantinya bertugas memasarkan produk secara online. Bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, maupun Youtube.

Dari hasil penjualan produk yang sudah dipromosikan tadi, affiliator akan mendapatkan komisi. Jadi intinya program ini membutuhkan konsistensi dalam memasarkan sebuah produk. Peluang untuk mendapatkan komisi sampai jutaan rupiah sangat mungkin terjadi di sini.

Pelaku bisnis sendiri akan mendapatkan keuntungan dimana penjualan produknya meningkat dan keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. Salah satu tren bisnis yang saling menguntungkan antara afiliator dan pihak perusahaan yang mengadakan progam afiliasi.

  1. Jual Beli Secara Online

Kedua ada tren yang memang sekarang ini semakin marak adalah jual-beli secara online. Hal ini dibuktikan dengan munculnya marketplace. Marketplace ini menjadi wadah bagi para pelaku bisnis online yang ingin menjual produknya secara online dan mendapat lebih banyak pelanggan.

Promosi dapat dilakukan dengan cara menggunakan jasa influencer, bisa juga dengan membuat konten di media sosial, dan lain sebagainya. Jual-beli online ini semakin banyak peminat karena memang cara penjualan dan promosinya yang cukup praktis.

Pemasaran atau promosi dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet. Pelanggan pun juga bisa mendapatkan respon melalui live chat untuk mengajukan pertanyaan seputar produk yang akan dibeli.

  1. PO Makanan

Beberapa tahun terakhir ada tren bisnis PO makanan sehat. Ini merupakan catering yang biasanya dicari para wanita yang ingin menurunkan berat badan. Namun pada masa pandemi, tren bisnis ini juga banyak dicari lantaran banyak orang yang malas keluar belanja dan memilih untuk catering makanan sehat saja untuk di rumah.

Namun, meski sekarang pandemi sudah tidak begitu lagi terdengar, bisnis ini tetap menjadi tren sebab semakin banyak orang yang sadar kesehatan. Jadi selain untuk menurunkan berat badan, PO makanan sehat juga diminati banyak orang untuk menjaga asupan tubuh tetap terjaga sehingga bisa terhindar dari penyakit.

  1. Jasa penulisan

Sampai sekarang, jasa penulis konten SEO masih banyak dicari. Apalagi memasuki era digital, content writer pun menjadi tren bisnis yang tidak dapat diremehkan. Banyaknya startup yang bermunculan juga menjadi alasan kuat banyaknya dibutuhkan penulis konten.  Banyak bisnis yang juga membutuhkan seorang content writer ini agar bisa memaksimalkan bisnis yang sedang dijalankan.

  1. Desain Grafis

Menyediakan jasa desain grafis pada era digital seperti sekarang memang sudah menjadi tren bisnis tersendiri. Sebab tidak banyak orang yang memang memiliki skill untuk membuat desain,s sementara kebutuhannya sangat tinggi. Oleh karena itu, sekarang semakin banyak penyedia jasa desainer grafis.

Itulah beberapa tren bisnis yang sedang berkembang di Indonesia. Perlu pebisnis tahu juga, bahwa saat ini masyarakat selalu menghabiskan waktu untuk melakukan pencarian informasi atau Googling dahulu tentang produk yang akan mereka beli. Untuk itu, sangat penting memiliki website bisnis yang profesional agar produk yang Anda jual juga muncul di pencarian konsumen.

Agar bisa memiliki website yang baik dan berkualitas, maka sebaiknya gunakan layanan Niagahoster yang menyediakan paket hosting murah. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap serta terdapat pelayanan CS 24 jam yang siap membantu Anda kapan saja ada masalah teknis. Server yang dimiliki pun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. ***

 

Loading...

Artikel Terkait