Nasional

Dubes RI Bicara mengenai Globalisasi Pasca Pandemi

Oleh : luska - Jum'at, 24/06/2022 20:25 WIB

Beijing, INDONEWS.ID - Dubes Djauhari Oratmangun didampingi Fungsi Politik melakukan kunjungan ke kantor utama Center for China & Globalization (CCG) di Beijing. CCG adalah think tank non-pemerintah terkemuka yang berbasis di Beijing yang telah diberi predikat official special consultative status sebagai lembaga non-pemerintah oleh Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC).

Beberapa Kepala Perwakilan lainnya juga hadir di lokasi acara untuk duduk bersama dan berbicara mengenai “Pemulihan Global Pasca Pandemi: Tren, Tantangan, dan Tanggapan”. Pembahasan tema tersebut dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan China and Globalization Forum ke-8, yang turut dihadiri oleh televisi nasional dan media asal RRT. Mereka mengkaji inisiatif dan capaian masing-masing negara dan organisasi yang mereka wakili, dan menyimpulkan bahwa akan terus terjadi peningkatan interaksi antar individu seiring dengan menurunnya jumlah kematian akibat Covid-19. Dalam jangka panjang, perkembangan tersebut akan membuka lebih banyak peluang bagi pertumbuhan perekonomian global dan people-to-people exchange.

Dubes Djauhari menyambut baik pandangan masing-masing pembicara dan menilai bahwa upaya global dan kolektif untuk mengatasi Covid-19 telah memungkinkan Indonesia untuk membuka kembali perbatasannya bagi pengunjung dari negara sahabat. Ybs juga membagikan keterangan mengenai perkembangan terkait peran Indonesia sebagai Presiden G20 dan 3 pilar Presidensi Indonesia pada G20 yakni arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital dan transisi energi. 

Beberapa rekan media turut hadir, termasuk dari China Central Television (CCTV), China Radio International (CRI), serta media CCG, dan Dubes Djauhari diwawancarai mereka setelah acara. Dalam wawancara, Dubes Djauhari menyampaikan perkembangan terkini hubungan bilateral RI – RRT yang terus menguat serta menegaskan kembali pentingnya Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN – RRT dalam berkontribusi pada kemajuan masa depan hubungan antara RRT dan negara-negara di kawasan maupun prioritas-prioritas selama masa kepresidenan Indonesia pada G20. (Lka)
 

TAGS : Dubes RI

Artikel Terkait