Daerah

Banjir dan Longsor Landa Kota Bogor, Satu Warga Tertimbun

Oleh : indonews - Sabtu, 16/07/2022 08:52 WIB

Hujan deras melanda Bogor sejak sore hingga malam hari, mengakibatkan longsor dan banjir Jumat (15/7/2022) malam. (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS. ID - Hujan deras melanda Bogor sejak sore hingga malam hari, mengakibatkan longsor dan banjir Jumat (15/7/2022) malam.

Banjir membuat sejumlah kendaraan terendam di jalan raya. Tidak hanya itu, ada warga yang tertimbun longsor, saat material yang terbawa arus menimbun rumahnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melaporkan, berdasarkan data sementara pasca hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama yakni sekitar lima jam, terjadi kejadian bencana alam berupa tanah longsor di Kampung Got, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Di lokasi ini BPBD menuturkan, ada korban yang tertimbun material longsor, belum ditemukan. Upaya pencarian terkendala malam dan cuaca yang masih gerimis.

Hujan deras juga mengakibatkan banjir di Perumahan Green View, RT 02/10, Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat.

Terdapat juga bangunan roboh di wilayah RT 03/07, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara. Rumah yang roboh ini diketahui milik Ahmad Kosasih.

Derasnya kiriman air dari hulu juga membuat tanggul jebol di SMK Ibnu Sina di Jalan Curug Induk No 31, RT 05/10, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat.

"Banjir juga melanda perumahan mewah di Taman Sari Persada, di Kampung Pabuaran dimana dua RT di Kelurahan Cibadak juga terendam," kata salah satu petugas BPBD.

"Ada lagi bangunan roboh di Gang Pancoran, Kelurahan Semplak, banjir di Kelurahan Tanah Baru, Bogor Utara dan Kelurahan Margajaya, Bogor Barat. Tanah longsor di RT 03 RW 01 Kelurahan Cibadak, banjir di RT 03 RW 08, Kelurahan Semplak, bangunan milik Tata Sasmita di Kelurahan Kedung Halang ambruk," ujarnya lagi.

BPBD juga mencatat, pasca hujan deras, terjadi tanah longsor susulan di RT 01/03, Kelurahan Semplak. Hal ini membuat warga panik dan mencari tempat yang aman.

Banjir juga melanda komplek elit Bukit Cimanggu City dan komplek Bukit Mekarwangi Residence, di Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal.

"Ada 15 titik lokasi kejadian pasca hujan deras. Banjir ada 8 titik lokasi. Tanah longsor ada 3 titik lokasi. Bangunan roboh/jebol berada di  4 titik lokasi,"paparnya. (yopi)

Loading...

Artikel Terkait