Pojok Istana

Presiden Resmikan Kawasan Marina Labuan Bajo dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka

Oleh : very - Jum'at, 22/07/2022 16:10 WIB

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Dermaga Kawasan Marina Labuan Bajo, Kamis (21/7/2022). (Foto: Ist)

Labuan Bajo, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, penataan kawasan Marina Labuan Bajo dan sistem pengelolaan sampah Warloka saya nyatakan diresmikan," kata Jokowi di Dermaga Kawasan Marina Labuan Bajo, Kamis (21/7/2022). 

Seperti dikutip dari siaran pers PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk yang diterima di Jakarta, Jumat (22/7) Presiden Jokowi menandai peresmian KSPN Marina Labuan Bajo dengan menekan tombol sirene serta penandatangan prasasti.

Dalam paket pekerjaan ini, WEGE mengerjakan pekerjaan infrastruktur di Zona 1 - Kampung Baru dan Bukit Pramuka dan Zona 2 -Kampung Air. Dengan cakupan lingkup pekerjaan antara lain: dermaga, menara pandang, Tangga Bajo, jalan, saluran, sistem air bersih, supply daya, landscape, serta infrastruktur penunjang lainnya.

Direktur Utama WEGE Hadian Pramudita  berharap keberadaan Waterfront City Labuan Bajo ini menjadi daya tarik tersendiri di Kawasan Marina Labuan Bajo. Dan juga akan memberikan nilai positif bagi masyarakat  lokal sekitar kawasan.

"WEGE berharap dengan berkembangnya Kawasan Marina Labuan Bajo  dapat meningkatkan gairah pariwisata Destinasi Super Prioritas Indonesia serta mendukung kesuksesan Presidensi G20 yang diharapkan dapat menjaring para wisatawan baik lokal maupun mancanegara," ungkap Hadian, Kamis (21/7).

“WEGE memberikan kontribusi penuh dalam upaya mendukung kesuksesan Presidensi G20 dengan mempercantik Labuan Bajo," ungkapnya.

Dengan diresmikannya tempat tersebut, Presiden mengajak masyarakat untuk melakukan aktivitas kegiatan seni budaya dan penampilan seni lain yang bisa menarik lebih banyak wisatawan ke Labuan Bajo.

“Ini bisa dipakai untuk aktivitas kegiatan-kegiatan seni budaya, performing art yang akan menarik para wisatawan untuk lebih banyak lagi datang ke Labuan Bajo,” pungkasnya.

Dalam peresmian itu, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Nusa Tenggara Timur, serta beserta tamu undangan.

 

Kinerja Hingga Juni 2022

Capaian Kontrak Baru WEGE hingga Juni 2022 mencapai Rp3,04 triliun, naik signifikan 231% (yoy) dari pencapaian tahun sebelumnya di periode yang sama, yaitu sebesar Rp919 miliar. Artinya, WEGE telah merealisasi 42,77% dari target Kontrak baru perseroan di tahun 2022, yaitu sebesar Rp7,10 Triliun. Dari perolehan tersebut realisasi Kontrak Dihadapi (Order Book) hingga Juni 2022 menjadi Rp11,34 triliun. 

Perolehan kontrak baru tersebut terdiri dari proyek Bandara Kediri, Bangunan Fasilitas Pengembangan Produk Bio Farma, Revitalisasi Bandara Halim, RSUD Kalideres, Renovasi Gedung Bio Farma, Pembangunan Gedung ITB Inovation Park, Masjid Al- Hidayah Tahap 1 termasuk proyek dari Modular dan WIKA Pracetak Gedung.

Komposisi proyek tersebut terdiri dari Pemerintah 11,29%, BUMN 27,98% dan Swasta  60,73% dan dengan tipe proyek; Public Facilities 95,92%, Office 3,25%, Commercial 0,82%.

“Kami optimistis target kontrak baru 2022 sebesar Rp7,1 triliun dapat tercapai, karena kami saat ini sedang menargetkan perolehan kontrak baru untuk proyek Fasilitas Publik, Gedung Pendidikan, Perkantoran, Bandara, Modular, Konsesi dan Pra-Cetak Gedung,” ujar Hadian. ***

Loading...

Artikel Terkait