Nasional

IKB LSPR Beri Pelatihan Digital Bagi UMKM di Panguruan Samosir, Sumatera Utara

Oleh : very - Selasa, 02/08/2022 11:28 WIB

Institut Komunikasi dan Bisnis (IKB) LSPR Jakarta memberikan pelatihan strategi pemasaran dan promosi digital pada kelompok UMKM yang ada di Pangururan, pada Senin, 1 Agustus 2022. (Foto: Ist)

Samosir, INDONEWS.ID - Pertumbuhan jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, seiring dengan kemajuan ekonomi. Namun tentu saja kondisi ini tidak terlepas dari berbagai tantangan yang ada. Salah satunya yakni berkaitan dengan kecepatan perubahan teknologi digital.

Situasi ini tentu harus segera diantisipasi oleh pelaku UMKM, termasuk yang berada di Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Melihat fenomena tersebut Institut Komunikasi dan Bisnis (IKB) LSPR Jakarta  memberikan pelatihan strategi pemasaran dan promosi digital pada kelompok UMKM yang ada di Pangururan, pada Senin, 1 Agustus 2022.

“Kehadiran kami di sini merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat. Kami memberikan motivasi, pengetahuan sekaligus dukungan penuh pada teman-teman UMKM untuk mengembangkan ketrampilan pemasaran dan sekaligus promosi digital. Literasi digital pada bidang yang langsung berkaitan dengan UMKM sudah menjadi keniscayaan saat ini,”  ujar Lamria Raya Fitriyani Barasa, M.Si yang dalam kesempatan ini menjadi pembicara utama sekaligus ketua tim pengabdian masyarakat pada kelompok UMKM tersebut.

Kepala Unit Balai Latihan Kerja Kecamatan Panguruan, Dumasari Sitanggang, menjelaskan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kehadiran tim dari LSPR.

“Kami sangat berterima kasih sekali dengan kehadiran tim dari LSPR yang peduli, memberikan motivasi sekaligus semangat kepada para pelaku UMKM baik yang  baru merintis, maupun yang sudah sekian tahun bergelut pada bidang usahanya,” ujarnya.

 

Sementara itu, Dewi Rachmawati, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah dalam mengkampanyekan program para UMKM untuk menjadi UMKM Go Digital. “Sehingga perkembangan tren jual beli inilah yang membuat perlunya perencanaan promosi digital,” katanya.

Kegiatan yang diikuti  20 peserta UMKM tersebut juga dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion) dengan kelompok UMKM Perempuan, yang dipandu oleh Dr. Lestari Nurhajati, M.Si dan Xenia Angelica Wijayanto, M.Si, serta berdiskusi dengan pihak Dinas Koperasi tentang pengembangan aplikasi market place milik pemerintah Kabupaten Samosir sejak tahun lalu.

Kegiatan pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, Rista Sitanggang, S.Pd, MP.d.

“Kegiatan ini positif sekali, dikarenakan dalam era digital ini, tidak mungkin lagi pelaku usaha tidak melakukan pemasaran dan promosi melalui media digital. Semoga nantinya kita bisa terus melanjutkan kerja sama ini,” papar Rista saat menyambut Tim LSPR.

 

Sangat Dibutuhkan untuk Pengembangan Usaha

Nelly Manik, salah seorang pelaku UMKM dalam bidang tenun menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan dirasakan manfaatnya secara langsung maupun tidak langsung bagi pelaku UMKM.

“Kebutuhan kami untuk terus mendapatkan pengetahuan dan pelatihan seperti ini menjadi penting. Kami bisa terus semangat untuk mengembangkan usaha kami. Selalu ada hal-hal baru yang bisa kami pelajari,” kata Nelly.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan rangkaian dari pengabdian masyarakat, minggu lalu (25/07/2022), yang dilakukan di UMKM Cisarua, Bogor, dengan tema “Sosialisasi Penggunaan Metode Transaksi Digital Dengan Bijak Pada UMKM”. Kegiatan yang berturut-turut menyasar para pelaku UMKM itu menunjukan kepedulian Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR untuk memperkuat perekonomian masyarakat dengan mandiri.

Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR adalah lembaga pendidikan sejak tahun 1992 yang memiliki dua fakultas yaitu, Fakultas Komunikasi dan Fakultas Bisnis. Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengabdian Masyarakat termasuk salah satu agenda penting yang rutin dilakukan para dosen dan mahasiswa LSPR Institut sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. ***

 

 

 

Artikel Terkait