Nasional

KPK Geledah Rumah dan Kantor di Jakarta Selatan Terkait Kasus Suap Bupati Pemalang

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 15/08/2022 12:59 WIB

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dan kantor di Jakarta Selatan, Sabtu (13/8). Penggeledahan ini berkaitan dengan kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kabupaten Pemalang yang menjerat Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo.

Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, dua lokasi itu diduga sebagai tempat penyimpanan barang bukti kasus yang terungkap dari operasi tangkap tangan (OTT).

"Lokasi tersebut yaitu rumah tempat tinggal dan kantor yang diduga di tempat dimaksud terdapat beberapa bukti yang terkait dengan perkara ini," ujar Ali dalam keterangannya, Senin (15/8).

Ali mengatakan, dalam penggeledahan ditemukan bukti antara lain berupa berbagai dokumen dan barang elektronik. Menurut Ali, barang bukti tersebut sudah diamankan tim penyidik KPK.

"Analisis disertai penyitaan segera dilakukan tim penyidik untuk melengkapi berkas perkara dari para tersangka," kata Ali.*

Sebelumnya diketahui, KPK menetapkan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo sebagai tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan. Dia sebelumnya terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim penindakan di Jakarta pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Mukti diamankan tim penindakan seusai bertemu seseorang di Gedung DPR. Dia ditangkap sekitar pukul 17.00 WIB.

Penangkapan terhadap Mukti bermula dari informasi akan adanya penerimaan sejumlah uang oleh Mukti dari sejumlah pejabat Pemkab Pemalang dan pihak lainnya. Tim kemudian bergerak dan menindaklanjuti informasi tersebut.

"Tim KPK mengetahui MAW selaku Bupati beserta rombongan pergi ke Jakarta dan mendatangi salah satu rumah yang berada di wilayah Jakarta Selatan dengan membawa sebuah bungkusan yang diduga berisi uang yang telah diterimanya," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (12/8) malam.

Firli tak menjelaskan detail rumah siapa yang disambangi Mukti Agung di daerah Jakarta Selatan. Meski demikian, Firli menyebut seusai menyambangi rumah di Jaksel, Mukti bersama rombongannya menuju ke Gedung DPR RI untuk bertemu seseorang.

Namun sayang Firli tak merinci seseorang di gedung DPR yang ditemui Mukti.

"Setelah itu MAW keluar dan menuju ke gedung DPR RI menemui seseorang. Ketika MAW beserta rombongan keluar dari gedung DPR RI, tim KPK langsung mengamankan MAW beserta rombongan dimaksud beserta dengan uang dan bukti-bukti lainnya," kata Firli.

Artikel Terkait