https://vinosdeabona.com/slot-gacor/ https://www.tpcd.org.tr/slot-deposit-pulsa/ https://healthcare.skho.moph.go.th/labor-care/uploads/slot-deposit-pulsa/ https://seoscaning.com/slot-deposit-dana/ http://www.info-secur.ru/old/slot-deposit-pulsa-tanpa-potongan/ http://academia.uniminuto.edu/becassp/notas/jasabola/

Bisnis

Tanpa Suntikan APBN, Rizal Ramli Berhasil Selamatkan PLN dari Kebangkrutan

Oleh : very - Jum'at, 23/09/2022 09:38 WIB

Rizal Ramli adalah mantan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia (2000-2001) dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (2015-2016). (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -  Perusahaan Listrik Negara (PLN) pernah hampir mengalami kebangkrutan pada era Orde Baru dalam transisi menuju era reformasi di bawah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). PLN waktu itu hanya memiliki modal sebesar Rp9 triliun dan asetnya hanya mencapai Rp50 triliun.

Namun, di era pemerintahan Gus Dur, ancaman menuju kebangkrutan itu berubah menjadi sehat. Hal itu terjadi di saat DR Rizal Ramli didapuk Presiden Gus Dur menjadi Menteri Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Menko Ekuin).

“Rizal Ramli (RR) pernah selamatkan PLN era Orde Baru dalam transisi menuju era reformasi di bawah Kepresidenan Gus Dur dari kebangkrutan (modal  Rp -9Trilyun, Aset hanya Rp 50Trilyun) menjadi sehat (modal Rp 104Trilyun , asset jadi Rp 209Trilyun). Hal itu kami lakukan tanpa suntikan APBN dan negosiasi utang PLN dari US$85 milyar jadi $35 milyar !,” ujarnya Bang RR – sapaan Rizal Ramli di Jakarta, Jumat (23/9).

Namun, kondisi PLN saat ini hampir sama dengan kondisi sebelumnya. Ada banyak tokoh yang merebut proyek di PLN tersebut.

``Siapa yang tidak bisa kerja dan tidak bisa mimpin? Tapi siapa yang banyak mroyek di PLN, nikmati PLN sampai PLN bangkrut, ambruk?`` tanya RR.

Mantan Menko Kemaritiman itu mengatakan dia pernah menolak proyek 35000 Megawatt, yang waktu itu mendapat dukungan Wapres Jusuf Kalla dan Menteri ESDM Sudirman Said.

Rizal Ramli menyebut bahwa proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt itu bakal merugikan PLN. Ia mengatakan ada beban kapasitas berlebih yang harus ditanggung perusahaan pelat merah tersebut.

Dan analisis RR itu kini terbukti, PLN bangkrut. "Akan ada kelebihan kapasitas yang harus dibeli PLN, meski kapasitas tersebut tak terpakai," ucap Bang RR.

Di era Presiden Jokowi, ada pandangan yang mengingankan agar listrik dengan daya 450 volt dihapus. Namun hal ini ditolak Partai Gerindra. Pasalnya, karena listrik dengan daya 450 ini dipakai oleh orang-orang kecil, penghuni kontrakan petakan, para buruh, nelayan, dan petani.

``Dan kita bersyukur Presiden Jokowi tidak meneruskan rencana ini," jelas Wakil Ketua MPR ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra.

"Termasuk keberatan kami terhadap rencana konversi gas 3 kilo menjadi kompor listrik. Kami tidak setuju karena kompor listrik ini sekali colok memakan daya besar, 1.200 watt. Maka rakyat kecil, rakyat miskin kota, para UMKM tidak bisa menikmati itu dan hanya membebani mereka. Lebih baik kelebihan pasokan listrik ini dialihfungsikan kepada industri-industri dan pengembangan mobil listrik yang sedang tren," ujar Muzani seperti dikutip Konfrontasi.com

Itu berarti kaum yang diistilahkan oleh Rizal Ramli sebagai “Penguasa-Pengusaha” (peng-peng) –yang terseret proyek pembangkit listrik 35 ribu itu nyaris mati semua. Namun kini mereka kembali berusaha memburu rente dengan menghisap duit rakyat dengan agenda ``konversi gas 3 kilo menjadi kompor listrik`` . *** 

Loading...

Artikel Terkait