Nasional

Badai Tropis IAN Lewati Kuba, Semua WNI Aman

Oleh : luska - Kamis, 29/09/2022 07:20 WIB

Kuba, INDONEWS.ID -Badai tropis IAN kategori 3 dengan kecepatan hingga 135 mph (±200 km per jam) melewati Kuba dan memporak-porandakan sejumlah wilayah khususnya di Kuba bagian barat pada Senin, 27 September 2022 mulai dini hari waktu setempat. Status semua WNI di Kuba yang berjumlah 36 orang dinyatakan dalam keadaan aman.

Duta Besar RI untuk Kuba Nana Yuliana menyampaikan KBRI Havana terus memantau keadaan semua WNI yang ada di Kuba dan negara sekitar.

"Dalam catatan KBRI Havana, saat ini terdapat 36 WNI yang tinggal di Kuba. Mayoritas merupakan keluarga KBRI Havana, sementara yang WNI lainnya merupakan biarawan dan biarawati, mahasiswa, dan warga lansia. KBRI Havana sudah memberikan peringatan dan membentuk posko bagi WNI yang membutuhkan bantuan sekiranya terjadi situasi darurat.” demikian penjelasan Dubes Nana.

Sejumlah media setempat memberitakan bahwa badai tropis IAN ini menyebabkan kerusakan parah di Havana seperti gangguan sirkuit listrik yang menyebabkan pemadaman listrik hampir di seluruh kota, longsor, dan pohon-pohon tumbang. Sementara di propinsi Pinar del Rio, bagian barat Kuba, yang langsung dilewati badai tersebut mengakibatkan 2 orang tewas dan puluhan rumah hancur. Jumlah korban yang dievakuasi diperkirakan mencapai 50.000 orang.

Presiden Kuba, Miguel Diaz-Canel pada Rabu, 28 September 2022, ikut memantau suasana Havana setelah badai dan melakukan pertemuan dengan militer setempat untuk membahas proses recovery.

Proses pemulihan khususnya infrastruktur tampaknya akan memakan waktu yang cukup lama mengingat Kuba saat ini mengalami kesulitan ekonomi, kelangkaan bahan-bahan konstruksi dan bensin, di samping tantangan mendapatkan kebutuhan primer seperti makanan dan obat-obatan.(Lka)

Artikel Terkait