Piala Dunia Qatar 2022

Pemain Denmark Sudah Pusing Duluan, Sebulan di Qatar Tanpa Sentuhan Istri atau Pacar

Oleh : Rulin Purba - Rabu, 05/10/2022 23:28 WIB

Sabrina Kvist Jensen, istri Christian Eriksen yang harus dirumahkan selama Qatar 2022. (Foto: dailystar)

indonews (Denmark) - Seperti publik negeri Eropa lainnya, Denmark pun ikut lancarkan aksi boikot Qatar 2022. Hanya caranya yang berbeda.

Cara yang membuat para pemain Denmark sudah pusing sebelum berangkat ke Qatar. Pasalnya, DBU - federasi sepakbola Denmark - bersama pengurus intinya sudah bikin maklumat: melarang istri atau pacar pemain ikut ke Qatar. Itu artinya, pemain timnas Denmark tak akan bersentuhan dengan 'pemain' terpentingnya dalam keseharian. Christian Eriksen dkk bakal kehilangan sosok pendukung moral dan emosional mereka.

Alasan DBU, mereka tak ingin memberikan keuntungan ekonomis bagi Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. 

"Kami tak ingin ikut berkontribusi menyumbang keuntungan ekonomi bagi Qatar. Karena itu dewan direktur DBU berusaha menekan perjalanan ke sana seminim mungkin," kata juru bicara DBU dikutip dari Copenhagen Daily.

Sebelumnya pemain Denmark selalu bebas membawa istri atau pacar mereka saat berlaga di turnamen antar negara, level Eropa atau Dunia.

Perbedaan ini dipicu oleh isu HAM dan hak buruh yang ditengarai diabaikan Qatar saat membangun insfrastruktur Piala Dunia.

Denmark sendiri berada di Grup D yang tak bisa dianggap mudah. Soalnya, mereka akan berhadapan dengan juara dunia bertahan Prancis, Australia dan Tunisia. (rnp)

Artikel Terkait