Piala Dunia Qatar 2022

Sebulan Jelang Penetapan Final Skuad Inggris, Rentetan Pemain Cidera Pusingkan Pelatih Southgate

Oleh : Rulin Purba - Kamis, 13/10/2022 21:01 WIB

Reece James (Chelsea) masih tanda tanya besar apakah bisa ikut rombongan timnas Inggris ke Qatar 2022. (Foto: ist)

indonews (Inggris) - Sebulan lalu pelatih timnas Ingris Gareth Southgate dimanjakan dengan banyak pilihan pemain di posisi bek kanan. Beda kondisi sekarang ini, dimana 3 pemain di posisi tersebut dilanda cidera dan berpacu dengan waktu untuk kesembuhan.

Reece James (Chelsea) adalah bek kanan terbaru yang harus menepi entah sampai kapan, usai cidera saat klubnya berlaga versus AC Milan di ajang Liga Champions. Ia harus keluar lapangan sebelum pertandingan selesai.

Itu pukulan beruntun buat Southgate. Sebelumnya, Kyle Walker (Manchester City) yang punya pengalaman 70 kali memperkuat timnas Inggris juga dilanda cidera saat timnya menang 6-3 dalam laga derby melawan Manchester United di awal Oktober. Ia kemudian jalani operasi pangkal paha beberapa hari kemudian. Saat ini menjalani tahap rehabilitasi sambil menunggu fit tidaknya saat Southgate harus umumkan skuad finalnya ke Qatar 2022 pada pertengahan bulan depan.

Akhir pekan lalu, Trent Alexander-Arnold (Liverpool) juga alami cidera pergelangan kaki saat berhadapan dengan Arsenal. Pemain yang disebut pelatih Liverpool Juergen Klopp sebagai `bek kanan terbaik sedunia` itu juga harus menepi sementara sembari menanti kepastian apakah bisa berada dalam pesawat yang mengangkut skuad The Three Lios ke Qatar nantinya.

Belakangan Klopp menyebut kondisi pemainnya itu tak separah dugaan awal. Ia diperkirakan sembuh dalam masa dua pekan. Artinya, seperti halnya Walker, Southgate masih punya harapan membawanya ke Doha, Qatar.

Lain halnya dengan James. Masih dalam penantian dengan penuh kecemasan. Manajer Chelsea Graham Potter mengaku belum akan tahu seberapa parah cidera pemainnya sebelum pemeriksaan khusus dalam sepekan ini. 

"Kami berharap ia baik-baik saja. Saat ini terlalu dini untuk menilai kondisinya," kata Potter.

Mantan gelandang timnas Inggris dan Chelsea, Joe Cole, ikut bicara soal kondisi James. Ia mengaku khawatir dengan tingkat keparahan cidera koleganya.

"Perannya sangat penting bagi Inggris. Saya sangat harap ia baik-baik saja, demi dirinya dan demi negara," ucap Cole.

Kondisi di atas membuat Kieran Trippear (Newcastle) jadi satu-satunya stok bek kanan Inggris yang bugar. Southgate dituntut putar otak lagi untuk membuat alternatif pilihan jika perlu penggantian pada saat-saat akhir.

Ia dijadwalkan menetapkan skuad final ke Qatar sebelum liga domestik Inggris berakhir pada 14 November. Ben White (Arsenal) disebut-sebut salah satu alternatif yang layak dipanggil kembali ke timnas oleh Southgate, terlebih karena posisi regularnya di Arsenal bermain di bek kanan.

Inggris bergabung dengan AS, Wales dan Iran di Grup B Qatar 2022. Pertandingan perdana melawan Iran pada 21 November 2022. (rnp)

 

 

 

 

Artikel Terkait