Piala Dunia Qatar 2022

FIFA Tagih Skuad Peserta, Harus Setor Nama Sementara Pada Jumat Ini 35 Sampai 55 Orang

Oleh : Rulin Purba - Kamis, 20/10/2022 01:22 WIB

Skuad timnas Prancis, berpacu dengan deadline penetapan 26 pemain hingga batas waktu 14 November 2022. (Foto: ist)

indonews (Swiss) - FIFA (Federasi Sepakbola Internasional) mengharuskan 32 negara peserta Piala Dunia Qatar 2022 mendaftarkan nama pemain sementara timnas masing-masing dengan batas waktu Jumat (21 Oktober 2022). 

Nama yang harus masuk minimal 35 dan maksimal 55 orang. Nantinya dari daftar ini disaring lagi oleh masing-masing pelatih menjadi 26 pemain untuk skuad final yang dibawa ke Qatar. Daftar ini harus masuk meja kerja FIFA pada 14 November. Skuad final itu akan diumumkan resmi oleh FIFA keesokan harinya.  Daftar ini yang harus sesuai dengan line up masing-masing timnas sepanjang turnamen pada November-Desember nanti.

Nama dalam seleksi terakhir itu harus yang berasal dari daftar sementara yang 35 sampai 55 orang tadi. Tak ada lagi nama pemain baru yang menyusul belakangan.

Tenggat waktu itu jelas jadi pekerjaan rumah ekstra buat beberapa pelatih tim elit macam Brasil, Argentina, Inggris dan Prancis. Pasalnya, tim harus berlomba dengan waktu kesembuhan beberapa pemain inti yang tengah cidera. Umumnya cidera dialami oleh pemain yang main di Liga Eropa dan pada pekan lalu berlaga di ajang Liga Champions.

Pealtih timnas Prancis Didier Deschamps, misalnya, dalam sepekan terakhir dan dalam beberapa hari ke depan bukan hanya sibuk meracik persiapam timnya namun juga sibuk mengkalkulasi siapa saja pemain yang aman diangkut ke Qatar. Maklum, sejumlah prajuritnya tengah dilanda cidera dengan keluhan beragam. Semuanya tengah berpacu dengan waktu kesembuhan.

Pada edisi Qatar 2022, jumlah pemain ditetapkan FIFA sebanyak 26. Naik dari jumlah sebelumnya, 23. Jumlah pemain yang didaftarkan pada line up sementara juga bertambah dari 35 menjadi 55. Kebijakan ini diambil untuk memperkuat fleksibilitas stok pemain karena baru kali ini Piala Dunia digelar di akhir tahun (November-Desember) yang secara langsung mengganggu kompetisi musim dingin di Eropa. Sebelumnya tradisi Piala Dunia digelar pada tengah musim, Juni-Juli. (rnp)

 

 

 

Artikel Terkait