Piala Dunia Qatar 2022

Paul Pogba Mulai Latihan Ringan di Juventus, Prancis Tunggu Kepastian ke Qatar

Oleh : Rulin Purba - Sabtu, 29/10/2022 21:22 WIB

Paul Pogba (Juventus/Prancis) baru memulai latihan ringan di tengah ketidakpastian berangkat ke Qatar membela negaranya.(Foto: juventus)

indonews (Prancis) - Gelandang elegan Paul Pogba baru mulai latihan ringan di klub barunya, Juventus, pekan ini. Ia diperkirakan baru sembuh dan diimainkan Juventus  pada Januari depan. Padahal, timnas Prancis dijadwal umumkan 26 pemain yang diangkut ke Qatar pada 9 November.

Itu dilema besar buat pelatih tim The Bleus Didier Deschamps. Pogba adalah pemain inti Prancis saat memenangkan Piala Dunia 2018. Dan, eks pemain MU yang kini main untuk Juventus itu pun kini masuk status andalan dalam skuad racikan Deschamps. Sang pelatih sangat berharap Pogba sudah fit sebelum tanggal 9 November agar bisa berangkat ke Qatar.

Itu yang sepertinya mustahil. Tak cuma karena cedera otot pada kaki kanannya yang parah sejak gabung Juventus pada pertengahan tahun ini, tapi juga terkait kebijakan pelatih Juventus Massimiliano Allegri. Sang pelatih tak ingin ambil resiko buru-buru memainkan Pogba dalam pertandingan. Tak lain untuk menghindari kemungkinan kambuhnya cedera yang sama.

Allegri menargetkan Pogba baru layak kembali turun ke lapangan pada medio Januari depan. Ia keberatan jika Pogba atau Prancis memaksakan diri untuk ikut ke Qatar karena sangat beresiko.

"Kami tak berhutang apa pun kepada Prancis untuk memaksakan hal itu," kata manajemen Juve lewat rilisnya.

Mengacu pada situasi itu sepertinya tak ada jalan lain buat Deschamps untuk menentukan alternatif pengganti Pogba. Pogba sendiri sangat berharap bisa fit sebelum deadline yang ditetapkan Deschamps. Ia sampai memilih jalan pintas operasi untuk mempercepat kesembuhannya sehingga sekarang sudah bisa memulai latihan ringan.

Jika mengacu pada statement pihak Juventus, bisa jadi tak mungkin Pogba ikut memperkuat Prancis di Qatar 2022 meskipun merasa fit sebelum 9 November ini. Satu-satunya yang bisa dilakukan fans Prancis saat ini hanyalah berdoa agar Pogba bisa pulih lebih cepat dari teori dan tak kalah penting adalah izin Juventus untuk terbang ke Qatar.

Pogba (29 tahun) sudah rutin memperkuat tim nasional Prancis sejak 2013. Ia punya caps 91 dengan torehan gol 11 gol untuk The Bleus. ( rnp)

 

Artikel Terkait