Piala Dunia Qatar 2022

Jepang Negara Pertama Umumkan Skuad Final ke Qatar 2022, Mayoritas `Asal` Eropa

Oleh : Rulin Purba - Selasa, 01/11/2022 21:28 WIB

Hajime Moriyasu dan Ketua JFA Tozo Kashima. (Foto: japantimes)

indonews (Jepang) - Pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu menjadi pelatih pertama dari 32 kontestan yang umumkan 26 pemain yang dibopong ke Piala Dunia Qatar 2022. Juga jadi tim pertama tiba di Qatar pada 7 November nanti.

Didampingi Ketua Asosiasi Sepakbola Jepang (Japan Football Association) Kozo Tashima, Moriyasu umumkan pemain pilihannya lewat sesi jumpa pers di Tokyo, Selasa (1 November 2022). Dari 26 daftar pemain, 20 diantaranya adalah pesepakbola Jepang yang bermain di berbagai klub Eropa. 

Ke-26 bintang The Samurai Blue itu disaring dari 55 pemain yang sebelumnya didaftarkan Moriyasu kepada FIFA. Mayoritas pemain muda, beberapa diantaranya malah minim pengalaman membela timnas, caps di bawah 10.

"Saya tak bisa memanggil semua pemain yang sangat bersemangat menuju Piala Dunia. Tak masalah berapa orang yang akhirnya berangkat karena sesungguhnya banyak sekali pilihan yang bagus-bagus. Tak mudah menentukannya. Kalaupun 30 orang yang dipilih tetap sulit karena banyaknya stok pemain berkualitas," kata Moriyasu.

"Pemain berpengalaman penting. Tapi, hasrat dan potensi pemain muda untuk memenangkan pertandingan juga tak kalah penting," imbuhnya.

Ia menilai seluruh pemain pilihannya punya kualitas teknis individu yang menonjol. Namun, yang ia utamakan adalah kemampuan bekerjasama dengan basis organisasi dan skema permainan yang sudah ia susun. Bergerak dengan pola sama yang pada akhirnya, menurutnya, justru membuat kemampuan individu mereka lebih kuat.

Dalam kesempatan sama, Tashima menyebut perjuangan Jepang di babak penyisihan bakal sangat sulit. Tak lain karena armada Si Biru bergabung di grup keras bersama Jerman, Spanyol, dan Kosta Rika. Meski begitu Tashima minta pemainnya tak gentar dan fokus untuk lolos ke babak 8 Besar.

"Justru kita harus senang karena mendapat lawan-lawan tangguh. Menuntun kita juga jadi lebih tangguh sebagai pembuka jalan untuk mencapai target juara pada 2050," katanya. (rnp)

Berikut adalah daftar pemain Jepang ke Qatar 2022:

Goalkeepers: Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse), Daniel Schmidt (Sint-Truiden), Eiji Kawashima (Strasbourg)

Defenders: Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Hiroki Sakai (Urawa Reds), Maya Yoshida (Schalke), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Hiroki Ito (Stuttgart), Yuto Nagatomo (FC Tokyo), Yuta Nakayama (Huddersfield)

Midfielders: Wataru Endo (Stuttgart), Hidemasa Morita (Sporting CP), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), Gaku Shibasaki (Leganes), Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Ritsu Doan (Freiburg), Junya Ito (Reims), Takumi Minamino (Monaco), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Yuki Soma (Nagoya Grampus)

Forwards: Daizen Maeda (Celtic), Takuma Asano (Bochum), Ayase Ueda (Cercle Brugge)

Artikel Terkait