Daerah

Optimalkan Kualitas dan Saving Cost pada Kegiatan Perkebunan, PTPN VI Gelar Pelatihan Precision Farming

Oleh : very - Senin, 07/11/2022 12:44 WIB

Pimpinan PTPN VI. (Foto: Tribunjambi.com)

 

Jambi, INDONEWS.ID - PT Perkebunan Nusantara (PTPN VI) (Persero) terus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kemampuan perusahaan.

Terbaru, PTPN VI melakukan pelatihan yang digalakkan untuk mengembangkan kemampuan pekerja dan perusahaan, dengan melakukan “Precision Farming lewat Web-GIS”.

Sebagai langkah awal PTPN VI membangun Web-GIS (Sistem Informasi Geografis berbasis Web) sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan kapabilitas organisasi menuju Precision Farming. Untuk itu, PTPN VI melakukan Pelatihan tentang "Knowledge Transfer Aplikasi Web-GIS”.

Pelatihan ini dibuka oleh SEVP Operation, Eka Nugraha, yang diikuti oleh seluruh unit usaha PTPN VI.

“Tujuan dari Knowlege Transfer Aplikasi Web-Gis ini agar peserta memahami dan mampu menggunakan aplikasi Web-GIS yang akan diterapkan di setiap unit usaha dan anak perusahaan PTPN VI untuk menuju Precision Farming,” ujarnya saat membuka pelatihan belum lama.

Precision agriculture atau precision farming yaitu menggunakan input pertanian yang tepat dengan teknik, jumlah, tempat, dan waktu yang tepat untuk menghasilkan produksi panen secara maksimal.

“Tujuannya untuk mengoptimalisasi kualitas dan saving cost pada kegiatan perkebunan," ujar Humas PTPN VI, Lindo, seperti dikutip dari Tribunjambi.com.

Ia menerangkan, pertanian presisi merupakan metode maksimalisasi penggunaan input tanaman berupa pestisida dan pupuk sesuai kebutuhan. Sehingga tidak akan berdampak pada kelebihan dosis dalam mengaplikasikannya.

"Dampak baik yang ditimbulkan pada pengaplikasian pupuk atau pestisida sesuai kebutuhan akan menjaga kesehatan dan kelestarian tanah," katanya. ***



Artikel Terkait