Piala Dunia Qatar 2022

Drama Panjang di Grup C, Meksiko Tampil Hebat Tapi Argentina dan Polandia Yang Melaju Bareng ke 16 Besar

Oleh : Rulin Purba - Kamis, 01/12/2022 05:33 WIB

Momen saat Julian Alvarez cetak gol kedua Argentina dalam laga versus Polandia, (Foto:getty-mirror)

indonews (Qatar) - Drama panjang berlangsung dalam pertandingan terakhir di Grup C dan terbiang langka terjadi. Berlangsung hingga akhir pertandingan, membuat fans Polandia dan Meksiko harus tahan nafas meski kedua tim bermain di lapangan berbeda dengan lawan yang juga berbeda.

Argentina menjadi lawan Polandia sementara di stadion berbeda Meksiko ketemu Arab Saudi. Drama awal terjadi saat Lionel Messi gagal mencetak gol dari titik penalti, padahal Argentina amat butuh kemenangan untuk lolos ke 16 Besar. Untungnya dua gol milik Alexis Mc Alister di menit 46 dan Julian Alvarez di menit 67 membawa Argentina jadi pemimpin Grup C dan akan bertemu Australia di petandingan berikutnya.

Uniknya, Polandia seperti tak terganggu dengan situasi itu meski saat sama Meksiko juga tengah unggul 2-0 atas Arab Saudi. Pada momen tersebut Polandia yang akan lolos ke 16 Besar meski poin dan selisih gol dengan Meksko sama. Alasannya karena Polandia mendapatkan kartu kuning lebih sedikit daari Meksiko, 4 dan 7. Aturan ini membuat Robert Lewandowski dkk lebih cenderung mempertahankan kondisi tersebut dibandingkan ambil resiko dengan menyerang. Membuat 30 menit terakhir permainan serasa basa-basi semata.

Aturan itu juga jadi sebab Meksiko terus dan terus berjuang menggempur Arab Saudi untuk dapatkan gol ketiga. Ironisnya, perjuangan keras Luis Chavez dkk justru terhenti oleh gol Arab saudi hanya satu menit jelang pertandingan berakhir. Membuat Meksiko defisit satu gol dengan Polandia.

Meski tersingkir, Meksiko layak dapat pujian. Masuk lapangan sebagai tim penghuni dasar klasemen (hanya 1 poin sementara Polandia 4 dan Argentina serta Arab Saudi masing-masing 3) maka peluang Meksiko lolos ke 16 Besar sangatlah tipis. Tapi, semangat tempur pasukan El Tri tetap membara dan memainkan sepakbola pada level sebagaimana harusnya bola dimainkan. Bergairah dengan pola menyerang. Tak seperti Argentina dan Polandai yang tampak seperti sama-sama ingin mempertahankan posisi 2-0 itu agar sama-sama melaju ke 16 Besar dan itulah yang kemudian terjadi.

Argentina akan menghadapi Australia yang jadi runner up Grup D pada Minggu (4/12) pukul 02.00 WIB. Selanjutnya hari sama pukul 22.00 WIB, Polandia bertemu juara Grup C Prancis. Tentu saja pada dua laga ini Argentina dan Prancis jadi favorit pemenang. (rnp)

 

Artikel Terkait