Piala Dunia Qatar 2022

Drama Panjang Jepang vs Kroasia, Samurai Biru Pulang Dengan Kepala Tegak

Oleh : Rulin Purba - Selasa, 06/12/2022 01:29 WIB

Laga keras dan keren Jepang vs Kroasia yang harus diakhiri adu penalti. (Foto: ist)

Indonews (Qatar) - Ini hanya soal nasib. Dari sisi mana pun Jepang menjadi lawan sepadan Kroasia dalam 120 menit pertandingan hidup-mati menuju 8 Besar.

Jepang gagal menggapai ambisi masuk babak 8 Besar untuk kali pertama di Piala Dunia. Dengan status juara grup, dengan reputasi mengalahkan tim besar Jerman dan Spanyol, laju tim asuhan pelatih Hajime Moriyasu itu harus terhenti di babak 16 Besar.

Tim Samurai Blue kandas di tangan Kroasia lewat adu penalti setelah waktu normal dan perpanjangan waktu kedudukan sama kuat 1-1. 

Bermain militan dengan team work yang sangat solid, Jepang membuka gol lewat Daizen Maeda pada menit 43. Kroasia baru bisa membalas pada menit 55 lewat Ivan Perisic.

Hasil 1-1 sepanjang 120 menit pertarungan adalah hasil yang fair bagi kedua tim yang menyajikan permainan berkelas dan jauh dari permainan kasar, apalagi culas. Bersih dan menakjubkan.

Kroasia maju ke fase 8 Besar dengan predikat tak terkalahkan. Luca Modric dkk menang atas Kanada serta draw melawan Maroko dan Belgia. Selanjutnya menang adu penalti 3-1 dengan Jepang.

Ya, nasib yang menghalangi Jepang melaju ke babak 8 Besar. Para pemain muda pilihan Moriyasu sudah membuktikan kelayakan mereka manggung di pentas dunia. Pemain yang mayoritas bermain di liga-liga Eropa itu bertarung layaknya para Samurai yang siap mati demi negaranya. Begitulah penampilan anak muda Ritsu Doan dkk.

Sayangnya, usia muda itu seperti belum cukup kuat menahan beratnya tekanan mental saat tos-tosan adu penalti. Dari 4 tendangan, Jepang hanya bisa lesakkan satu gol.

"Kami mempersiapkan para pemain muda sejak beberapa tahun lalu. Apa yang mereka perlihatkan saat ini sudah merupakan hal yang luar biasa," puji Moriyasu pada anak asuhnya.

Setuju, Jepang tampil sangat fantastis! Sayang, nasib lebih berpihak kepada Kroasia. Karena itu serdadu Jepang bisa pukang dengan kepala tegak. Meskinkalah, mereka bukan pecundang. Bravo Kroasia, bravo Jepang!(rnp)

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait