Nasional

Kurangi Pengangguran di Babel, PNM Rekrut 284 Pekerja dalam Job Fair di Balaikota

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 06/12/2022 08:46 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani ikut berperan dalam mengurangi pengangguran di Kota Pangkalpinang dengan memberikan peluang kerja bagi generasi muda, terutama dalam pemberdayaan UMKM.

Di sela-sela pembukaan Job Fair di depan Balaikota Pangkalpinang, Senin, Pemimpin Cabang PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Daniel Silitonga mengatakan, hingga akhir November 2022, pihaknya telah merekrut 284 pekerja.

Jumlah itu terdiri dari karyawan cabang (44 orang), karyawan Unit Layanan Modal Mikro (Ulamm) sebanyak 18 orang, dan karyawan Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) sebanyak 222 orang.

Program Mekaar merupakan kegiatan pemberdayaan untuk perempuan dari keluarga Prasejahtera dan pengembangan UMKM dan Ultramikro dengan memberikan modal usaha (Bantuan Financial) tanpa agunan bagi perempuan yang belum memiliki usaha atau ingin mengembangkan usaha yang sudah ada.Selain Modal usaha PNM juga memberikan modal Intelektual berupa Pelatihan dan Modal Sosial.

Dari proses usaha yang dijalankan, PNM telah memiliki nasabah Mekaar sebanyak 54.500 nasabah yang tersebar di tujuh kabupaten kota di Bangka Belitung.

Meski tidak mendapatkan jaminan atau agunan, namun PNM tetap memberikan pendampingan dan pelatihan agar pelaku UMKM yang dibantu tersebut dapat mengembangkan usahanya sehingga berdampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan warga

"Jadi, dengan kata lain, kami juga mengurangi pengangguran di Bangka Belitung sebanyak 54.500 orang," katanya.

Selain Program Mekaar, PNM juga memiliki 838 nasabah Program Ulamm di Bangka Belitung dengan menyalurkan anggaran Rp45 miliar.

Menurut Daniel, melalui Job Fair yang diselenggarakan Pemkot Pangkalpinang tersebut, PNM kembali memberikan peluang kerja bagi warga Bangka Belitung.

"Melalui Job Fair ini, kami membuka lowongan kerja untuk perempuan tamatan SMA sederajat untuk bekerja di PNM," ujar Daniel.

Dalam Job Fair tersebut, Wamenaker Afriansyah Noor dan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil turut menyaksikan booth yang disiapkan PNM Bangka Belitung.*

 

Artikel Terkait