Nasional

Wajib Dibaca! Ini Panduan bagi Relawan Jokowi yang Hadir Ramaikan Pesta Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 07/12/2022 10:42 WIB

Widhi Wicaksono, SH selaku Humas Misi Cinta Jokowi 3 Pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Sofia Gudono

Jakarta, INDONEWS.ID - Belasan ribu relawan Jokowi disebut akan ikut memeriahkan pesta pernikahan antara putra bungsu presiden RI ke-7, Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12) mendatang. Kedatangan para relawan pun disebut sebagai bentuk rasa solidaritas.

"Per hari ini relawan yang akan datang ke Solo menghadiri pesta pernikahan Kaesang-Erina ini sebanyak 13.000. Ini di luar ekspektasi kami. Dulu pernikahan Gibran itu relawan 4.000, waktu Kahiyang, relawan yang datang 7.000 dan sekarang 13.000," kata Widhi Wicaksono, SH selaku Humas Misi Cinta Jokowi 3 Pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Sofia Gudono ketika dihubungi via telpon, Selasa (6/12/22).

Dari total tersebut, Widhi menjelaskan, penempatan relawan untuk menginap akan dipusatkan di Asrama Haji Donohudan sebanyak 9.000 orang. Sementara sisanya akan ditampung di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Convention Hall Terminal Tirtonadi Lantai 2.

"Itu nanti yang menginap, yang ditampung di Asrama Haji Donohudan ada sekitar 9.000 relawan, kalau gak muat ke Edutorium UMS dan Terminal Tirtonadi Convention Hall yang lantai 2," ungkap Widhi.

Widhi menjelaskan bahwa relawan akan datang ke Kota Solo H-1 sebelum acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran. Ia menjelaskan bahwa nantinya relawan akan dipusatkan di Pamedan Mangkunegaran.

"Nanti kami akan terima saudara-saudara kami, relawan Jokowi di seluruh Indonesia itu hari Sabtu. Terus mulai acaranya itu Minggu pagi," bebernya.

Widhi menambahkan, Asrama Haji Donohudan dan Edutorium UMS serta Convention Hall Terminal Tirtonadi yang terletak di Lantai 2, mulai difungsikan pada Sabtu (10/12) pukul 7 pagi. Sementara akan kembali ditutup setelah acara selesai pada Minggu (11/12), pukul 12.00 malam.

"Jadi hari sabtu tanggal 10 itu, relawan mulai berdatangan di Asrama Haji Donohudan. Mungkin kita akan reuni dan berkenalan. Karena yang hadir dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," jelasnya.

Widhi menjelaskan kehadiran para relawan memeriahkan pesta pernikahan Kaesang-Erina merupakan inisiatif sendiri. Sehingga biaya tiket semuanya ditanggung sendiri oleh relawan.

"Iya. Semua keberangkatan relawan itu semua biaya sendiri. Jadi untuk makan minum kita gotong royong. Istilahnya relawan datang, yang melayani adalah relawan Solo. Bahkan selain di Asrama Haji, ada juga yang tidur di rumah-rumah relawan," paparnya.

Run Down Acara

Lebih lanjut, Widdhi menjelaskan, Minggu (11/12) merupakan acara puncak pernikahan Kaesang-Erina. Panitia akan membangunkan relawan pukul 03.00 pagi mempersiapkan diri dan sarapan selanjutnya akan diberangkatkan menuju Mangkunegaran pukul 04.30.

Pukul 05.30 hingga 06.00, para relawan diharapkan sudah stand by di Mangkunegaran. Di sana, para relawan akan dikonsentrasikan di sepanjang kanan-kiri Ngarsopuro.

"Relawan akan dikonsentrasikan di depan Mangkunegaran atau di sepanjang kanan-kiri Ngarsopuro. relawan 13 ribu itu akan dibariskan di situ semua," ucapnya.

Para relawan akan stand by menunggu datangnya kirab pengantin dari LojiGandrung. Setelah kirab dari pengantin itu melewati Ngarsopuro memasuki Mangkunegaran, kata Widhi, relawan akan diterima oleh Presiden Jokowi masuk ke Pamedan Mangkunegaran.

"Setelah kirab dari pengantin itu lewat Ngarsopuro masuk Mangkunegaran, maka kami akan diterima oleh Pak Jokowi masuk di Pamedan Mangkunegaran. Nanti ada tenda relawan di bagian Cavalet," tambahnya.

Di Pamedan Mangkunegaran, kata Widhi, panitia telah menyiapkan panggung musik dan hiburan-hiburan lainnya untuk para relawan dan umum.

Adapun acara inti Ngunduh Mantu Kaesang & Erina digelar di Pendopo Puro Mangkunegaraan dan hanya dihadiri tamu-tamu VIP seperti pejabat negara dan anggota keluarga dekat.

Acara akan selesai pukul 13.00, para relawan akan dibawa kembali ke penginapan yakni Asrama Haji Donohudan, Edutorium UMS dan Terminal Tirtonadi.

Widhi berharap, para relawan yang hadir tidak menggunakan mobil pribadi. Juga bagi relawan yang menginap di hotel-hotel, Widhi berharap, agar mereka tetap mendatangi Asrama Haji dan penginapan lainnya, untuk bergabung bersama relawan lainnya menggunakan bus menuju Mangkunegaran.

"Saya berharap, mengimbau kepada para relawan agar sebisa mungkin tidak membawa mobil pribadi. Kalaupun membawa mobil pribadi agar dititipkan. Banyak juga relawan yang nginap di hotel. Mereka juga diharapkan ke Asrama Haji untuk bersama-sama relawan menuju Mangkunegaran menggunakan bus. Sehingga tidak mengganggu Solo," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan video yang diterima dari Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengenai rute kedatangan relawan akan dibagi menjadi tiga titik.

Nantinya relawan akan diberangkatkan menggunakan Shuttle bus yang sudah disiapkan panitia. Sedangkan sistem yang dipakai akan menggunakan drop off di depan Pura Mangkunegaran.

Sekedar informasi, rute yang akan dilalui Shuttle bus relawan dari asrama Haji Donohudan akan melalui Jl Embarkasi, Jl Adi Sumarmo, Jl L Suprapto, Jl A Yani, Jl S Parman, Jl RM Said, Jl T Umar dan lanjut untuk drop off di depan Mangkunegaran dan parkir di Alun-Alun Utara.

Sedangkan, rute relawan dari Terminal Tirtonadi akan melalui Jl A Yani, Jl Monginsidi, Jl RM Said, Jl T Umar kemudian drop off di depan Mangkunegaran dan parkir di Terminal Tirtonadi.

Sedangkan bus yang dari Edutorium UMS akan melalui Jl Adi Sucipto, Jl A Yani, Jl Slamet Riyadi dan Jl T Umar dan kembali parkir di Terminal Tirtonadi.*

Artikel Terkait