Nasional

RR Tak Mampu Dijinakkan, Sang Rajawali Memang Lebih Senang Terbang Sendiri

Oleh : very - Selasa, 13/12/2022 21:20 WIB

Bang RR, simbol rajawali yang selalu terbang tinggi. (Foto: Twitter @RamliRizal)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka banyak diajari ayahnya, yang juga Presiden RI, Joko Widodo, teknik bergaul agar sukses dan langgeng menduduki jabatan.

Salah satu teknik tersebut yaitu merangkul orang penting agar tidak ada pihak yang berseberangan atau berlaku oposisi dalam menjalankan pemerintahan.

“Gibran ini diajari bapaknya teknik rangkul sana rangkul sini agar posisi kekuasaannya kuat tanpa ada fihak semacam oposisi,” ujar seorang analis di Jakarta, Selasa (13/12.

Dia mencontohkan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang diberi jabatan Menteri Pertahanan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Prabowo, Sandiaga dll dikasi jabatan langsung jinak dan tunduk mengkeret tak berkutik,” kata sang analis yang tak mau disebutkan namanya itu.

Namun, tidak demikian halnya dengan sosok tokoh nasional, Rizal Ramli. RR, katanya, tidak mempan dijinakkan oleh Gibran, yang mengaku ngefans dengan RR.

“Sosok RR tak mempan dibaikin agar dibuat jinak spt kebo dicocok hidung, spt pejabat/tokoh lainnya. Diundanglah ke perkawinan, dipuja pujilah, diminta nyanyilah dlsbnya,” katanya.

Dia menegaskan bahwa ketegaran mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang tidak datang ke acara pernikahan Kaesang-Erina dengan alasan sudah ada jadwal sebelumnya, merupakan bentuk penolakan yang sangat santun, yang pantas dihargai oleh orang yang mengundang.

“Ketegarannya, dengan tidak datang ke kondangan dengan alasan sdh ada jadwal, adalah bentuk penolakan yang sangat santun bagi pengundang yang dihargainya,” ujarnya.

Sementara itu, Jo Harahap, seorang alumni ITB yang juga teman Rizal Ramli mengatakan, memang figur seperti Rizal Ramli sangat langka di Indonesia. Saat ini ada begitu banyak tokoh nasional maupun pejabat yang bertekuk lutut di tangan sang pemangku kekuasaan.

“Figur seperti RR mmng masih langka di Indonesia saat ini, di tengah bnyknya sdh Tokoh Pejabat, fihak2 yg kritis, bahkan Ulama papan atas jatuh ke kaki si Kuya,” kata Jo Harahap.

“Rajawali mmng lbh senang terbang sendiri.!,” tambahnya.

Dalam salah satu cuitan di akun Twitternya, Bang RR mengutip puisi WS Rendra yang berjudul “Rajawali (adalah Pacar Langit)”. “Sebuah sangkar besi/ tidak bisa mengubah rajawali/ menjadi seekor burung nuri/. Rajawali terbang tinggi/ membela langit dengan setia/ ia akan mematuk kedua matamu/ wahai, kamu, pencemar langit yang durhaka/.

Jo menambahkan bahwa Bang RR sudah teruji ketegarannya. “Anies belum, msh hrs dibuktikan ke depan. Klo Anies sungkan/ pakewuh menghadapi pengpeng, jadiin RR wakilnya. Semua bakal dikepret,” pungkasnya.

Seperti diketahui, banyak tokoh politik maupun pejabat yang mengikuti acara pernikahan putera Presiden Jokowi, Kaesang dan Erina Gudono, di Surakarta, Minggu (11/12).

Diketahui, bakal calon presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan juga mengikuti acara tersebut. Hanya Surya Paloh yang sebelumnya telah menyatakan tidak bisa memenuhi undangan keluarga Jokowi tersebut.

Tokoh Pergerakan, Rizal Ramli, juga mendapat undangan mengikuti acara tersebut. Namun, Bang RR, menyatakan permohonan maafnya karena tidak bisa memenuhi acara tersebut karena banyak acara lain.

Namun, putera sulung Presiden Jokowi, Gibran, mengharapkan kehadiran Rizal Ramli dalam acara pernikahan terakbar sepanjang Indonesia merdeka itu.

Gibran justru mengharapkan orang yang menjadi salah satu favorit dirinya itu bisa menyumbangkan lagu dalam acara pernikahan tersebut.

Namun, harapan Gibran hanya tinggal harapan. Pasalnya, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman di era Jokowi tak memenuhi undangan tersebut. Ketidakhadiran Rizal Ramli disayangkan oleh Gibran.

Menanggapi pernyataan Gibran, Rizal Ramli menyatakan berterima kasih atas undangan tersebut. Rizal mengaku tidak enak jika diminta bernyanyi dalam acara tersebut.

"Terima kasih Gibran," tulis Rizal Ramli di akun Twitetrnya pada Minggu (10/12/2022).

"Ndak enak kalau ntar aku nyanyi ‘Maju Tak Gentar’ dorong perubahan atau Hallo Bandung... Mari Bung rebut (Demokrasi) kembali," pungkasnya.

Artikel Terkait