Piala Dunia Qatar 2022

Final Piala Dunia Qatar 2022:

Argentina Vs Prancis: Bang RR Jagokan Prancis

Oleh : very - Jum'at, 16/12/2022 16:53 WIB

Full back Prancis Theo Hernandez (kanan) saat mencetak gol ke gawang Maroko. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

 

Jakarta, INDONEWS. ID – Laga final sepakbola Piala Dunia Qatar 2022 sebentar lagi digelar. Kali ini, perhelatan yang ditonton oleh miliar pasang mata dunia ini kembali mempertemukan kesebelasan Argentina versus Prancis.

Siapakah yang bakal memboyong piala lambang supremasi di lapangan rumput tersebut? Apakah Argentina, ataukah piala kembali diboyong oleh kesebelasan Les Bleus? Dan berapa prediksi skor yang akan dilesakkan oleh masing-masing kesebelasan?

Mantan Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur, Dr Rizal Ramli memprediksi Prancis yang bakal menjadi juara piala dunia terakbar tersebut.

“Prancis (diprediksikan menjadi juara Piala Dunia 2022). Track historis Prancis hebat dan tim kuat. Tonton gol2 hebat yang dicetak Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani,” ujar RR – sapaan Rizal Ramli.

Ditanya terkait berapa skor dalam laga tersebut, ekonom senior ini enggan mau berspekulasi.

Seperti diketahui, Prancis berhasil lolos ke final Piala Dunia 2022 usai menang 2-0 atas Maroko pada Kamis (15/12) dini hari WIB.

Gol Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani membawa partai asuhan Didier Claude Deschamps ke laga partai final menghadapi Argentina.

Prancis unggul cepat ketika laga baru berjalan 5 menit lewat aksi Theo Hernandez yang berlangsung di di Stadion Al Bayt, Al Khor, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Seperti dilansir Opta, gol tersebut merupakan gol tercepat di semifinal Piala Dunia sejak 1958 silam. Kala itu, bintang Brasil Vava mencetak gol ke gawang Prancis ketika laga baru berjalan dua menit. Gol tersebut juga membawa Theo menjadi pemain lawan pertama yang membobol gawang Maroko di Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, gawang tim Singa Atlas itu baru kemasukan satu gol, yang lahir lewat bunuh diri, Nayef Aguerd. Prancis menggenapkan keunggulannya menjadi 2-0 lewat gol Kolo Muani pada menit 79`. Padahal, Muani baru masuk menggantikan Ousmane Dembele. Dia hanya membutuhkan 44 detik untuk membobol gawang Maroko.

Namun, Argentina tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, Lionel Messi dkk bertekad untuk bisa meraih juara setelah puluhan tahun abesen.

Argentina kali terakhir menjuarai Piala Dunia ada 1986 atau 36 tahun yang lalu. Kala itu, skuad Albiceleste yang masih diperkuat sang legenda, Diego Maradona, merebut gelar Piala Dunia 1986 setelah mengalahkan Jerman Barat di final.

Argentina mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2 dalam laga final yang digelar di Estadio Azteca, Meksiko, pada 29 Juni 1986.

Tiga gol Argentina dicetak oleh Brown (23`), Valdano (55`), serta Burruchaga (83`), sedangkan Jerman Barat hanya mampu membalas dua gol melalui Rummenigge (74`) dan Voller (80`).

Kemenangan atas Jerman Barat memberi Argentina gelar kedua di Piala Dunia.

Sedangkan Prancis dalam pertandingan Piala Dunia, berturut-turut menjadi timnas kuat yang bisa menembus babak final. Prancis menjadi juara Piala Dunia tahun 2018.

Berstatus juara bertahan, Les Bleus memburu trofi  Piala Dunia ketiga setelah memenang di tahun 1998 dan 2018. 

Prancis pun menginginkan agar bisa tampinl sebagai negara yang pertama kali memenangi Piala Dunia secara beruntun sejak Brasil pada 1962. ***

Artikel Terkait