Daerah

Resmikan Resto JurLe, Kadis Anas Berharap Kota Bogor Bisa Menjadi Destinasi Wisata Kuliner

Oleh : very - Senin, 19/12/2022 15:20 WIB

Pembukaan Restoran JurLe ini diresmikan oleh Kadis DKPP Kotamadya Bogor, Anas. S. Rasmana didampingi oleh Camat Bogor Barat, Abdul Rahman, di di Jl. Curug No.1 Rt 01/08 Semplak Bogor. (Foto: Indonews.id/Very)

Jakarta, INDONEWS.ID -  Satu lagi restoran dibuka untuk warga Bogor, khususnya untuk pencinta kuliner di Bogor Barat dan sekitarnya. Resto ini menyajikan produk makanan dengan bahan dasar ikan lele.

Restoran dengan outlet pertama ini diberi nama ini Retoran JurLe (Juragan Lele) yang beralamat di Jl. Curug No.1 Rt 01/08 Semplak Bogor.

Pembukaan Restoran JurLe ini diresmikan oleh Kadis DKPP Kotamadya Bogor, Anas. S. Rasmana dengan didampingi oleh Komisaris PT.JAS, Kunta Maulana, pada Senin (19/12).

Peluncuran restoran baru ini dihadiri Camat Bogor Barat, Abdul Rahman, dan kurang lebih 100 kolega dari lintas komunitas serta pejabat di Bogor yang terkait.

Kunta mengatakan, restoran ini unik karena selama ini masyarakat kita hanya mengenal masakan pecel lele saja. Padahal, ada begitu banyak produk yang berbahan dasar dari ikan lele, seperti Dimsum, Kebab, Hotdog, Lumpia yang merupakan camilan dari ikan lele.

“Karena itu, kami menaikkan tingkat ikan lele ini menjadi lebih tinggi lagi. Juga kami hendak memperkenalkan bahwa Bogor merupakan daerah penghasil lele. Karena itu, kami juga mau mengangkat nama Bogor. Karena itu citra Bogor kami angkat menjadi penghasil lele. Pada hari ini kami juga hendak melakukan inovasi terhadap produk ikan lele menjadi ikan yang berbeda dengan ikan lain di pasar,” ujarnya.

Ke depan, kata Kunta, pihaknya ingin mengadakan kerja sama dengan UMKM lain untuk mengembangkan ikan lele dan produk olahannya.

Anas S Rasmana dalam pidato peresmiannya mengatakan selamat atas peluncuran Restoran JurLe tersebut. “Kami ucapkan selamat atas pembukaan Restoran Juragan Lele ini. Semoga restoran ini memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, dan bagi Kota Bogor umumnya,” ujarnya.

Menurut Anas, selama ini, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor sebagian besarnya dihasilkan dari restoran dan hotel. “Jadi mudah-mudahan dengan bertambahnya satu restoran pada hari ini, Kota Bogor bisa menjadi destinasi wisata kuliner,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Bogor Barat, Abdul Rahman mengatakan, semoga keberadaan restoran JurLe ini membawa keberkahan bagi lingkungan di Bogor Barat. “Restoran ini merupakan salah satu wujud pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kita di Bogor Barat ini,” ucapnya.

 

Menu Andalan

Menu andalan resto JurLe adalah Ikan Lele Bakar Jumbo, disajikan dengan ukuran ikan lele super besar dengan bobot di kisaran 1kg, yang dapat di nikmati untuk 3-4 orang.

Dengan bumbu rahasia dari daerah Sulawesi menjadikan ikan lele bakar ini menjadi menu favorit pelanggan JurLe saat ini.

Ketebalan daging ikan lele tidak menjadikan hambatan untuk membuat rasa bumbunya yang begitu meresap sampai ke bagian terdalam, tekstur daging ikannya yang empuk dan gurih dapat membuyarkan opini sebagian besar orang yang mengira kalau daging ikan lele yang besar memiliki tekstur kurang enak untuk dikonsumsi.

Ada juga menu menu lain, seperti Dimsum, Kebab, Hotdog, Lumpia yang merupakan camilan yang juga dibuat dari bahan ikan lele fillet (tanpa tulang).

Sebagian besar pelanggan tidak akan mengira bahwa semua camilan tersebut dibuat dari ikan lele, beberapa pelanggan bahkan menyatakan seperti daging ayam.

Untuk menu dengan nasi tersedia dalam kemasan ricebowl, disajikan dalam sajian lele fillet krispi dengan tepung yang renyah dan berbagai pilihan rasa seperti : lele krispi woku blanga, lele krispi saus orange dan lele krispi saus korea.

Satu lagi menu andalan dari produk ricebowl ini yaitu “Sate Lele”. Dapat dikatakan sate lele ini merupakan yang pertama di Indonesia, mengingat selama ini kuliner sate lebih didominasi oleh sate ayam, sate kambing, sate sapi yang semuanya bukan dari produk ikan.

Keunikan sate lele ini, memiliki tekstur dan rasa yang khas, yang tidak pernah ditemukan dari produk kuliner sate manapun. Rasa bumbunya yang begitu khas, dijamin akan menggugah selera penikmatnya.

(Kadis DKPP Kotamadya Bogor, Anas. S. Rasmana didampingi oleh Komisaris PT.JAS, Kunta Maulana (berbaju kuning). Foto: Indonews.id)

Untuk menu dengan sajian mie lele, tersedia Mie godog, Mie goreng dan Nasi goreng yang disajikan juga dengan irisan lele krispi yang tidak kalah nikmatnya. Tidak hanya itu, untuk penggemar pecel lele juga tersedia lele goreng krispi dengan 5 jenis aneka sambal pilihan seperti : sambal ijo, sambal rica, sambal tomat dan juga abon lele.

Kurang lengkap rasanya menyantap sajian di resto JurLe tanpa membawa buah tangan buat teman- teman, saudara dan keluarga di rumah. Restoran Jurle juga menyediakan aneka oleh oleh yang dapat disantap di rumah, seperti Ikan Lele Bakar Jumbo, aneka sambal seperti Sambal Ijo Lele, Sambal Rica Lele, Sambal Tomat Lele, dan Abon Lele yang dikemas dengan botol 150 – 200 gram. Untuk produk frozen tersedia dimsum lele, lumpia lele, lele bumbu siap goreng.

Dalam kegiatan Grand Opening restoran JurLe, dipaparkan juga pengetahuan tentang jenis aneka olahan ikan lele yang ada di restoran JurLe oleh Chef Galih Kunto Baskoro sebagai Chef Profesional yang juga merupakan salah satu founder JurLe.

Beliau sudah berkesempatan memasak untuk jamuan pada hampir semua Presiden RI mulai dari Susilo Bambang Yudhoyono, BJ. Habibie, Joko Widodo dan beberapa pejabat tinggi negara ketika beliau bertugas di Washington DC. Chef Galih juga pernah menjadi Guest Chef untuk mempresentasikan masakan Indonesia di beberapa sekolah kuliner di Eropa seperti Piestany Culinary Academy Slovakia, Culinary Academy Le Cordon Bleu Paris dan Stratford University Culinary United States.

Restoran Jurle saat ini baru membuka outlet pertamanya di wilayah Bogor, yang beralamat di Jl. Curug No.1 Rt 01/08 Semplak Bogor, Telp 0812 9097 2424. Rencana pengembangan usaha berikutnya akan membuka beberapa cabang lain di wilayah pulau Jawa baik secara mandiri dan juga dengan sistem waralaba (franchise). Jam operasional JurLe buka setiap hari dari jam 10.00 WIB – 22.00 WIB.

 

(Kolam ikan lele. Foto: Indonews.id)

 

Rumah Kreatif JurLe

Restoran Jurle merupakan unit bisnis dari Rumah Kreatif JurLe. Sebelumnya, Rumah Kreatif JurLe ini sukses melakukan Budidaya dan Pelatihan ikan lele Sangkuriang di Surya Kencana Farm sejak tahun 2016.

Selain mengembangkan unit restoran, Rumah Kreatif JurLe juga mengembangkan pelatihan, budidaya terhadap produk ikan lele. Karena itu, Rumah Kreatif Jurle juga memiliki kolam untuk pembibitan dan pembesaran ikan lele. Kolam tersebut berada tidak jauh dari lokasi restoran.

Dengan tema “From Farm to Table”, saat ini Resto JurLe melakukan kerja sama dengan Surya Kencana Farm dalam bidang budidaya ikan lele, pelatihan budidaya lele sangkuriang yang dipadukan dengan pengolahan dan produksi ikan lele serta kuliner.

Surya kencana Farm merupakan pemasok utama dari JurLe, yang melakukan budidaya ikan lele jenis sangkuriang dengan pola bersih dan sehat yang menghasilkan ikan lele berkualitas.

Ikan jenis ini menghasilkan tekstur daging yang lebih padat dan rasa lebih gurih. Hal ini yang membedakan dengan produk kuliner ikan lele lainnya, dimana jaminan kulitas produk ikan yang disajikan dapat terjaga dengan lebih baik.

Untuk dapat menikmati kuliner JurLe ini dapat datang langsung ke outlet yang berada di Semplak – Bogor, atau dapat juga melalui pesan online seperti Go Food, Grab food, Shopee Food, dan lainnya. Informasi terkait Resto JurLe dapat diperoleh melalui www.JurLe.id, media sosial Instagram, Facebook, Tiktok @JurLe.id. ***

 

Artikel Terkait