Daerah

Tuntut KPU Diaudit, PRIMA Sulsel Bakal Gelar Aksi di Kantor KPU

Oleh : very - Selasa, 20/12/2022 21:35 WIB

Seruan Aksi. (Foto: Ist)

Sulsel, INDONEWS.ID - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Adil Makmur (DPW PRIMA) Sulawesi Selatan akan menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel di Jalan Jl. A. P. Pettarani No.102, Bua Kana, Rappocini, Kota Makassar, Rabu (21/12/2022) besok.

Sekretaris DPW PRIMA Sulsel, Haerul Anwar mengatakan, aksi tersebut dilakukan dalam rangka menuntut agar KPU segera diaudit. Penyebabnya, lembaga penyelenggara pemilu itu diduga telah melakukan manipulasi data sehingga menggagalkan PRIMA dalam proses verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

“Kita menduga KPU sengaja menjegal kami, PRIMA dianggap akan mengganggu kelompok oligarki 1 persen penduduk yang selama ini mengontrol kehidupan hajat hidup 99 persen rakyat Indonesia,” ujar dia dalam keterangannya di Makassar, Selasa (20/12/2022).

Haerul mengungkapkan, dalam menjalankan tahapan verifikasi partai politik, selama ini KPU tidak jujur dan transparan. Padahal, lanjut dia, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU harus memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel.

“KPU sebagai lembaga otoritas dalam penyelenggaraan pemilu sudah seharusnya memberikan pelayanan yang transparansi juga akuntabel selama proses tahapan pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu berlangsung,” ucapnya.

Haerul juga mendesak agar KPU segera membuka data dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) dan dipublikasikan seluas-luasnya kepada rakyat.

“Kita mendorong KPU agar membuka hasil verifikasi pendaftaran partai politik, sehingga tidak ada lagi tumpang tindih terkait indikasi kecurangan di dalam proses berlangsung, serta tidak ada pihak yang di rugikan,” imbuhnya.

Haerul menambahkan, rencananya aksi besok akan dilakukan pada pukul 11.00 WITA dengan melibatkan 300 an massa yang terdiri dari seluruh komponen kader dan simpatisan PRIMA di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan.

“Aksi ini melibatkan seluruh komponen kader dan simpatisan pengurus Partai Rakyat Adil Makmur yang di Sulawesi Selatan,” tutupnya. ***

Artikel Terkait