Piala Dunia Qatar 2022

Qatar Tembus 3,4 Juta Penonton ke Stadion, Cetak Rekor Gol Terbanyak Sepanjang Piala Dunia

Oleh : Rulin Purba - Rabu, 21/12/2022 19:21 WIB

Penonton laga final Argentina versus Prancis di Lusail Stadium, kapasitas penuh. (Foto: newarab)

indonews (Qatar) -President FIFA Gianni Infantino berkali-kali menyebut Qatar 2022 sebagai penyelenggaran terbaik Piala Dunia. Salah satu parameternya adalah jumla penonton yang membludak masuk stadion dalam 29 hari penyelenggaraan.

Juga jadi salah satu yang paling banyak ditonton. Tercatat 3,4 juta penonton datang ke stadion atau rata-rata kapasitas stadion terisi 96,3%. Angka ini menyamai jumlah penonton 3,4 juta di Piala Dunia Brasil 2014, tapi masih di bawah Piala Dunia Amerika Serikat yang mencapai 3,5 juta orang.

"Final Argentina lawan Prancis juga menjadi laga final terbaik selama ini. Sangat berkualitas dan menghibur," kata Infantino dalam pertandingan yang disaksikan langsung oleh 88.966 orang itu.

Ia senang masih begitu banyak penonton yang hadir meski penyelenggaraan Qatar 2022 diboikot sejumlah komunitas di negara-negara Eropa. Di tengah gencarnya berita media yang mengungkit masalah HAM dan berbagai isu seputar kebijakan tuan rumah, termasuk ketegasan Qatar melarang aktivitas LGBT di negerinya.

Dari data pembeli tiket, FIFA menyebut peringkat terbesar pronton pendatang adalah Arab Saudi, India, AS, Inggris dan Meksiko.

FIFA juga merilis jumlah gol di Qatar 2022 yang melampaui rekor 171 gol di Piala Dunia 1998 dan 2014. Enam gol yang dicetak pada final membuat jumlsh gol sepanjang Qatar 2022 menjadi 172 (di lusr gol adu penalti).

Unggul 1 gol dari tuan rumah sebelumnya. Tapi itu sudah cukup buat Qatar menioehkan rekor baru. (rnp)

Artikel Terkait