Opini

(Catatan Ngopi Aendra Medita)

Ngopipagi Kejujuran

Oleh : very - Rabu, 04/01/2023 10:34 WIB

Aendra Medita Kartadipura. (Foto: ist)

Oleh: Aendra Medita *)

Jakarta, INDONEWS.ID – Salam, pagi ini saya ngopi dengan kopi asal Temanggung yang saya dapatkan dari #BIJIKOPIDUNIA234. 

Jujur atau kejujuran mengacu pada aspek karakter, moral dan berkonotasi atribut positif dan berbudi luhur seperti integritas, kejujuran, dan keterusterangan, termasuk keterusterangan pada perilaku, dan beriringan dengan tidak adanya kebohongan, penipuan, perselingkuhan, dll. Selain itu, kejujuran berarti dapat dipercaya, setia, adil, dan tulus.

Kejujuran dihargai di banyak budaya etnis dan agama. "Kejujuran adalah kebijakan terbaik", adalah pepatah dari Benjamin Franklin. Kira-kira itu yang saya temukan di wikipedia.org.

Saya senang jika orang berbuat jujur (Honesty) sebab itu kunci masa depan bagi dirinya yang akan berjalan sesuai roda yang berputar.

Waktu kujuran adalah tanpa batas, jadi ibarat orang harus bersabar itu pun tanpa batas. Tinggal caranya bagaimana dia menjaganya.

Saat saya masih berkerja di biro konsultan komunikasi, saat itu kita sempat mengarap 100 tahun Bung Hatta. Saat itu atasan dan juga guru saya dalam bidang komunikasi strategi Indra Abidin (IA) mengarap 100 tahun Bung Hatta bersama Adi Sasono dan juga keluarga besar Bung Hatta (Meutia, Halida dan Gemala).

Kami di Fortune Indonesia saat itu membuat konsep, tentunya strategi yang dirancang oleh IA, yang sangat sederhana dan sangat integrated. Saat itu konsepnya “Cara Baik Bung Hatta: Santun, Jujur dan Hemat”.

Konsep ini sangat membumi semua headline media membahasnya di halaman depan, waktu itu media sosial belum rame.

Dengan cara ini saya  ingin menyitir "Kejujuran adalah kebijakan terbaik" yang merupakan pepatah  Benjamin Franklin.

Nampaknya Indonesia punya tokoh yang sudah teruji dan baik. Ia adalah Hatta. punya cara baik dan santun, jujur dan hemat.

Hatta adalah pendiri bangsa bersmaa Bung Karno. Siapa tak kenal dia, yang adalah proklamator yang punya dedikasi sangat tinggi untuk bangsa ini.

Pelajarannya adalah bahwa kejujuran adalah cermin bangsa kita saat ini. Dan kejujuran sangat diperlukan dan - saya rasa – yang bisa menyelamatkan bangsa saat ini adalah kejujuran.

Kejujuran adalah modal menuju nilai luhur dan martabat bangsa. Kejujuran adalah hal terelok dalam jiwa-jiwa hakiki. Jika kebohongan yang akan terus dicuatkan, malah akan jadi malapetaka. Jika kebohongan dipelihara maka akan mendatangkan prahara. Tabik.

JAKARTA, 4 Januari 2023

*) Aendra Medita adalah CEO Meprindo Communication

Artikel Terkait