Nasional

Kemenkeu Kucurkan Dana Kendaraan Listrik Sebesar 1 M Lebih, RR: Pejabat Mulu yang Dibikin Senang

Oleh : very - Senin, 15/05/2023 21:03 WIB

Rizal Ramli adalah mantan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia (2000-2001) dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (2015-2016). (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tokoh nasional yang juga pengamat ekonomi senior DR Rizal Ramli mengkritik keputusan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, yang memberikan anggaran untuk pengadaan kendaraan listrik bagi para pejabat.

Tak tanggung-tanggung, pengadaan untuk kendaraan listrik yang dianggarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani itu mencapai Rp1 miliar lebih.

Menurut mantan Menko Perekonomian itu, dana tersebut hanya akan membuat para pejabat kenyang sementara rakyat masih terus berjibaku dengan kenaikan sejumlah barang.

"Kok pejabat mulu yg dibikin senang,, kapan giliran rakyat ??" kata mantan Menko Kemaritiman itu seperti dikutip dari akun Twitternya, @RamliRizal yang dipantau pada Senin malam.

Bang RR – sapaan Rizal Ramli – memang selalu konsen terhadap kebutuhan rakyat, terutama rakyat kecil.  

Seperti diketahui, ada dua jenis kendaraan listrik yang dianggarkan yaitu mobil dan motor listrik. Mobil listrik akan diberikan kepada pejabat eselon I, sementara itu, pejabat di eselon II akan mendapatkan motor listrik.

Seperti dikutip Pikiranrakyat.com, anggaran mobil listrik itu mencapai Rp966 juta per unit, sedangkan untuk motor listrik dibanderol Rp28 juta per unit. Namun, anggaran tersebut di luar biaya pengiriman dan pemasangan instalasi daya.

Selain dua jenis kendaraan tersebut, ada anggaran lain yang dianggarkan Kementerian Keuangan terkait kendaraan listrik untuk operasional kantor. Dana yang dianggarkan yaitu sebesar Rp430 juta per unit.

Dana yang dianggarkan untuk kendaraan listrik tersebut belum mencakup semuanya. Pasalnya, masih ada biaya pengiriman dan instalasi daya. ***

Artikel Terkait