Bisnis

Kerja Sama Industri Susu, ID FOOD dan PTPN III Gandeng Perusahaan Asal Qatar

Oleh : very - Kamis, 01/06/2023 16:56 WIB

ID FOOD dan PTPN III gelar MoU Kerja Sama Peternakan dengan Perusahaan Asal Qatar. Foto: Dok. ID Food

Jakarta, INDONEWS.ID - Holding BUMN Pangan ID FOOD dan Holding BUMN Perkebunan PTPN III menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama di bidang industri susu dengan perusahaan asal Qatar, Baladna Food Industries.

Kerja sama itu meliputi investasi, produksi, pengolahan dan pemasaran susu.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada Kamis(11/5) oleh Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara, Direktur Umum PTPN III Doni P Gandamihardja dan CEO Baladna Food Industries WLL Malcolm Jordan, serta disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan.

“MoU ini adalah penjajakan, identifikasi dan persiapan join study untuk melakukan kerja sama di industri susu meliputi investasi, produksi, pengolahan dan pemasaran susu dengan perusahaan asal Qatar, Baladna Food Industries. Diharapkan kerjasama ini dapat memperkuat hubungan ekonomi bilateral kedua negara khususnya dalam mendukung pemulihan ekonomi,” ujar Frans seperti dikutip Kumparan.com.

Frans mengatakan, penandatanganan MoU itu dinilai penting bagi hubungan bilateral Indonesia dengan Qatar. Kerja sama itu juga dapat mendukung ID FOOD dan anak perusahaannya untuk berkembang menjadi BUMN yang kompeten di bidang peternakan dan memenuhi kebutuhan susu di Indonesia.

Adapun PTPN III diikutsertakan untuk penyediaan lahan. “Ini berbeda dengan tahun lalu antara perusahaan Qatar ini dengan Berdikari dan tanpa melibatkan PTPN III,” jelas Frans.

Frans mengatakan saat ini 80 persen pemenuhan kebutuhan susu di Indonesia masih dari impor. Sehingga tawaran kerja sama dari Qatar berpotensi dapat mendukung para peternak lokal dalam peningkatan produksi susu dalam negeri.

Sebagai tindak lanjut, kedua perusahaan sepakat untuk segera membahas teknis implementasi perjanjian yang dimaksud agar kerja sama antara keduanya dapat terlaksana dalam waktu dekat. ***

Artikel Terkait