Bisnis

Jalin Harmonisasi, PTPN III Seleksi Petani Berprestasi untuk Diberangkatkan Umroh

Oleh : very - Kamis, 01/06/2023 19:50 WIB

Kebun tebu. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) terus menjalin keharmonisan antara perusahaan dengan petani tebu. Hal tersebut dilakukan karena petani tebu telah membantu dan turut serta dalam kesuksesan giling tebu tahun 2022.

Salah satu yang dilakukan adalah tahun ini, PTPN III (Persero) menyeleksi 10 petani berprestasi dengan kriteria petani yang loyal, pasok ter-MBS (Manis Bersih Segar), produktivitas tertinggi, dan petani milenial, yakni dari mitra PTPN VII, IX, X, XI, dan XII.

Perusahaan BUMN tersebut melalui anak usahanya memberangkatkan para petani tebu berprestasi operasional giling 2022 untuk umroh ke Tanah Suci Makkah pada Senin (8/5).

"Tentunya, ini kami harapkan bisa menjadi motivasi bagi para petani tebu mitra perusahaan untuk terus semangat dan bekerja keras mendukung peningkatan produktivitas dan produksi gula nasional," ujar Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mahmudi di Jakarta, seperti dikutip Merdeka.com.

Mahmudi mengatakan, saat ini sebagian besar pasokan bahan baku tebu untuk pabrik gula PTPN Group berasal dari Tebu Rakyat (TR).

Oleh karena itu, dia menilai keberadaan Petani Tebu Rakyat (PTR) memiliki peranan penting terhadap operasional giling pabrik gula, khususnya dalam suplai bahan baku tebu ke pabrik.

"Kami merasa perlu memberikan rangsangan yang positif berupa penghargaan kepada petani," ujarnya.

Mahmudi menambahkan, pembiayaan program tersebut bersumber dari anggaran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Perkebunan Nusantara III (Persero) tahun 2023.

Dia berharap, apresiasi tersebut dapat memberikan semangat kepada para petani tebu mitra PTPN untuk meningkatkan produktivitasnya dan mensukseskan giling tebu 2023 mendatang.

"Tentunya, kami juga berharap agar hubungan yang telah terjalin selama ini semakin baik dan harmonis," ungkapnya. ***

Artikel Terkait