Bisnis

Holding PTPN III Raup Laba Bersih Rp 6 Triliun Sepanjang 2022

Oleh : very - Rabu, 07/06/2023 22:09 WIB

Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Masyuri dan jajaran direksi PTPN III Saat RUPS Holding PTPN III Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sepanjang 2022, Holding PTPN III Raup Laba Bersih Rp 6 Triliun, https://www.tribunnews.com/bisnis/2023/06/06/sepanjang-2022-holding-ptpn-iii-raup-laba-bersih-rp-6-triliun. Penulis: Hendra Gunawan Editor: Sanusi

Jakarta, INDONEWS.ID - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) mencatatkan kinerja keuangan positif untuk tahun buku 2022.

PTPN III mencatat laba bersih konsolidasi sebesar Rp 6,02 triliun atau 121,63 persen dari target, serta arus kas operasi sebesar Rp 6,81 triliun atau 107,88 persen dari target yang ditetapkan.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di Jakarta, 30 Mei 2023.

“Keberhasilan ini, selain disebabkan oleh transformasi baik di bidang operasional maupun keuangan di perusahaan, juga sebagian besar dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditi kelapa sawit dan produk turunannya,” ujar Abdul Ghani melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Di sisi lain, Abdul Ghani juga mengakui adanya tantangan yang dihadapi perusahaan, seperti terkait dinamika pasar ekspor crude palm oil (CPO).

“Kebijakan terkait hal itu berdampak pada kegiatan operasional dan kinerja keuangan perusahaan,” ungkapnya seperti dikutip Tribunnews.com.

Sementara itu Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury, yang hadir sebagai perwakilan Pemegang Saham PTPN III (Persero), memberikan apresiasi atas kinerja perseroan dan upaya yang telah dilakukan oleh dewan komisaris, direksi, dan jajaran perusahaan sepanjang tahun buku 2022.

“Kami berharap agar direksi mengupayakan pencapaian target keuangan dan operasional dalam RKAP tahun 2023 secara optimal, termasuk program hilirisasi, diversifikasi produk, ekspansi pasar, dan sinergi dengan BUMN lainnya,” ujar Pahala. ***

Artikel Terkait