Bisnis

Uji Coba Bensin Bioetanol, PTPN Grup Berkomitmen Terus Kembangkan Energi Ramah Lingkungan

Oleh : very - Sabtu, 10/06/2023 16:18 WIB

Bahan bakar bioetanol mulai uji coba. (Foto: PTPN III.)

 

Jakarta, INDONEWS.ID : PTPN Group melalui PT Energi Agro Nusantara, bersama PT Pertamina Patra Niaga, Kementerian ESDM Ditjen EBTKE dan Balai Besar Pengujian Migas (LEMIGAS, melepas rombongan road test dalam uji coba bensin etanol di Surabaya, Selasa (6/6/2023).

Pengujian dilakukan menggunakan kendaraan Toyota Kijang Innova Reborn matic in line 16 Valve DOHC dual VVT-i (137 Ps @5600RPM) dengan menempuh jarak 500 km per hari.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mengatakan, PTPN Group berkomitmen untuk terus mengembangkan energi terbarukan berbasis bahan baku ramah lingkungan.
 
"Ini merupakan salah satu wujud nyata implementasi Environment, Social and Governance (ESG) kami," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/6).

Bioetanol adalah campuran antara BBM konvensional dan nabati etanol yang berasal dari molase tebu yang diproduksi oleh PT Energi Agro Nusantara, salah satu anak usaha PTPN Group.

Langkah ini, sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan minyak berbahan baku fosil.

Untuk mendorong percepatan pemenuhan bioetanol berbasis tebu, Presiden RI Joko Widodo telah meluncurkan program bioetanol tebu untuk ketahanan energi pada November 2022, dalam kunjungan kerja di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Presiden Jokowi berharap agar program bioetanol terus diakselerasi, mulai dari bioetanol lima persen (E5) pada BBM kemudian meningkat E10, E20, dan seterusnya.
 
Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Holding Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III dan PT Pertamina terkait penggunaan Bioetanol Menuju Ketahanan Energi Nasional. ***

 

Artikel Terkait