Daerah

Pemuda Katolik Komda Jabar Gelar Kursus Kepemimpinan Dasar pada 28 - 30 Juli 2023

Oleh : very - Sabtu, 29/07/2023 14:42 WIB

Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) yang digelar oleh Pemuda Katolik Wilayah Bogor - Bekasi 2023. (Foto: Ist)

Depok, INDONEWS.ID - Dewan Pembina Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar), Marcellus Hakeng Jayawibawa menegaskan bawah Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) yang digelar oleh Pemuda Katolik Wilayah Bogor - Bekasi 2023 merupakan langkah yang baik dalam pembentukan kepemimpinan ke depan.

“Ini langkah yang baik dalam pembentukan sebagai pemimpin di Pemuda Katolik dan tokoh yang berguna kelak untuk gereja dan negara,” kata Marcellus, pada Jumat (28/07).

Ia juga mengapresiasi kebesaran organisasi di bawah kepemimpinan Edi Silaban ini yang memiliki semangat dan pemikiran baik untuk orang muda Katolik, sehingga Komda Jawa Barat bisa berkembang dengan pesat.

“Bounding sesama kader, kita semua bisa membuat jaringan yang kuat, ketika beranjak menuju level selanjutnya, maupun daerah ataupun nasional bisa menjadi penguat dan penopang dalam hidup berorganisasi,” ujarnya.

Ketua Panitia KKD Wilayah Bekasi-Bogor, Fidelis Laurdyan Julianto memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan membekali para kader dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam peningkatan kapasitas sebagai pemimpin masa depan untuk Gereja dan Negara.

“Pelatihan ini dihadiri oleh 31 peserta yang diselenggarakan oleh delapan Komisariat Cabang (Komcab) yaitu Kota Depok sebagai tuan rumah, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Diharapkan giat ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi peserta dalam mengembangkan kapasitas pemimpin dalam merawat demokrasi dan nasionalisme,” ungkap Fidel.

Dalam kesempatan itu, Pastor Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Bogor, Romo Dionysius Adi Tejo dan Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar, Edi Silaban juga turut hadir dan meneguhkan bahwa peningkatan kualitas pemuda sangat diperlukan supaya kader dapat bertumbuh dan berkembang menjadi pemimpin yang berkualitas dan rendah hati.

KKD dibuka dengan sesi I pembekalan tentang “Peta Demokrasi dan Peran Milenial Menjaga Demokrasi di Jawa Barat” yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Para Syndicate, Ari Nurcahyo.

Acara hari pertama berjalan secara lancar dan penuh semangat. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan. Kursus Kepemimpinan Dasar ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 28 - 30 Juli 2023. Pada tanggal 28 Juli 2023 dilaksanakan via daring, sedangkan pada 29 - 30 dilaksanakan tatap muka di Wisma SY, Kota Depok. ***

Artikel Terkait