Bisnis

KoinWorks Salurkan 52 Miliar Pinjaman untuk UMKM Melalui KoinPaylater dan Incar Partner Strategis

Oleh : very - Senin, 07/08/2023 20:40 WIB

UMKM. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - KoinWorks, pionir fintech lending di Indonesia, memperluas layanan pembiayaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui KoinPaylater, lini produk buy now pay later (BNPL) yang telah diluncurkan sejak quarter empat 2022 lalu.

Saat ini KoinWorks telah menyalurkan pembiayaan KoinPaylater senilai 52 miliar rupiah sepanjang semester pertama 2023. 

Dengan limit pinjaman hingga 2 miliar rupiah dan tenor maksimal 180 hari, KoinPaylater menawarkan proses pendaftaran yang mudah bagi calon mitra, sekaligus membuka peluang para mitra untuk menggaet pelanggan lebih luas.

Hingga kini, KoinWorks telah menggandeng sejumlah mitra supplier barang, penyedia layanan marketplace, hingga pelaku bisnis B2B. Layanan BNPL KoinWorks ini telah menjangkau sektor farmasi, konstruksi, pertanian dan perikanan, FMCG, dan beberapa industri lainnya.

Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder KoinWorks memberikan keterangan atas hal ini. “Pembiayaan melalui produk pay later merupakan sebuah peluang baru untuk memberikan permodalan dengan skema yang semakin relevan dengan kebutuhan UMKM. Diharapkan semakin banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan KoinPaylater, sehingga pelanggannya bisa berbelanja dengan lebih nyaman, sekaligus mengatur cash flow usahanya dengan lebih baik,” ujarnya. 

KoinPaylater menjadi opsi pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses barang, bahan baku, ataupun keperluan operasional usaha dengan cepat dan aman. Inovasi ini juga selaras dengan misi Kementerian Koperasi dan UKM dalam transformasi digital, sehingga semakin banyak UMKM dapat mengakses layanan digital.

Salah satu mitra KoinPaylater, Tokban yang merupakan marketplace bahan bangunan melalui produknya bernama Tokban Paylater menyebutkan bagaimana partnership dengan KoinPaylater dapat mendukung UMKM yang mereka naungi.

“Fasilitas dari KoinWorks menjadi solusi bagi kami dalam memudahkan para pegiat usaha di bidang konstruksi, sesuai dengan misi kami untuk memudahkan pengguna. Banyak dari mereka yang kini bisa memperoleh kebutuhan seperti batu bata, semen, pipa PVC, dan lain-lain tanpa terkendala modal di awal,” kata Jordy Salim selaku CEO Tokban.

Manfaat ini juga dirasakan oleh Susan, pemilik toko bangunan di Bogor. “Berkat Tokban PayLater, saya bisa membeli kebutuhan bahan bangunan dengan pembayaran tempo. Hal ini sangat membantu toko saya untuk berkembang, karena saya dapat belanja barang-barang baru untuk melihat kebutuhan pasar, tanpa harus menambahkan modal dari sebelumnya,” terang Susan.

Pengguna lainnya yakni Roni Junio Adha, pemilik toko kelontong dan konter pulsa, sehari-hari menggunakan BukuWarung untuk memudahkan operasional usaha, seperti QRIS, fitur pembayaran, hingga pembukuan. Dengan fitur Solusi Modal Usaha, produk layanan keuangan hasil kerja sama antara BukuWarung dan KoinWorks, Roni dapat meningkatkan penjualannya.

“Saya membeli stok dan kebutuhan toko menggunakan Solusi Modal Usaha di BukuWarung karena bisa menentukan jatuh tempo pembayaran yang fleksibel. Setelah barang terjual, saya bisa mengembalikan, dan tidak disangka penjualan semakin meningkat dalam beberapa bulan,” ujarnya.

Saat ini KoinPaylater dilengkapi dengan sistem pengajuan yang terdigitalisasi sepenuhnya untuk pinjaman hingga 50 juta rupiah. Dengan mekanisme instant approval, pengguna dapat mengajukan limit pinjaman dan menerima persetujuan di hari yang sama. Tercatat 80% dari pengguna telah menggunakan fitur ini untuk mendukung operasional usaha mereka.

Untuk percepatan penyaluran produk pinjaman ini, KoinWorks juga telah berkolaborasi dengan salah satu pemain besar di industri fesyen, dan berkomitmen untuk berkolaborasi dengan lebih banyak perusahaan di berbagai daerah. Informasi mengenai kerjasama mitra KoinPaylater dapat diakses melalui website koinworks.com/koinpaylater.

KoinWorks adalah pioner fintech peer-to-peer lending dan layanan finansial untuk UMKM di Indonesia. Dengan 2,2 juta pengguna, KoinWorks mempunyai misi untuk menyediakan solusi keuangan yang mudah diakses dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat untuk mewujudkan impian finansial mereka.

Didirikan pada tahun 2016, KoinWorks memberikan akses pinjaman produktif bagi UMKM melalui berbagai produk yaitu KoinBisnis dan KoinInvoice, serta produk pinjaman lain melalui kerja sama dengan berbagai mitra strategis. Sebagai peer-to-peer lending, KoinWorks menyediakan berbagai layanan pendanaan untuk memberikan solusi pengembangan dana bagi banyak pengguna.

KoinWorks telah meraih berbagai penghargaan, di antaranya dari Sustainable Finance & Summit Awards 2023, Paytech Fintech Awards 2022, Finalist Singapore Fintech Festival - Global Fintech Awards 2021.

KoinWorks berkantor pusat di Jakarta dengan holding di Singapura dan memiliki kantor khusus tim bidang teknologi di Yogyakarta serta kantor khusus tim penjualan dan pengembangan bisnis di Bandung, Bali, dan Surabaya. ***

Artikel Terkait