Gaya Hidup

Asphirasi Pilih Ketua Umum, Siap Edukasi Terkait Biro Perjalanan Nakal

Oleh : rio apricianditho - Rabu, 16/08/2023 14:05 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Aliansi Pengusaha Haramain Seluruh Indonesia (Asphirasi) menggelar musyawarah nasional (Munas) pertama, dalam munas tersebut H. Amaludin Wahab terpilih sebagai Ketua Umum Asphirasi secara aklamasi. Dirinya bakal membawa aliansi 72 perusahaan mengedukasi masyarakat memilih biro perjalan Umroh dan Haji yang tepat.

Dikatakan, selama ini masih banyak masyarakat yang tertipu oleh oknum biro perjalanan, mereka sudah membayar namun tidak diberangkatkan ke tanah suci. Karena itu pihaknya akan mengedukasi masyarakat memilih biro perjalanan yang bisa dipercaya dan amanah.

"Memang agak susah membedakan mana yang oknum mana yang tidak terutama masyarakat desa. Yang penting harus dilihat dulu performa biro perjalanan itu, ini bisa dicari lewat online, ini bisa dipercaya apakah travel itu benar atau tidak. Lalu cara transfer uangnya harus melalui rekening PT yang terdaftar, jangan cash atau titip ke kolektor karena ini sasaran empuk para oknum", tandasnya.

Guna mengatispasi kenakalan oknum, Asphirasi mencoba menawarkan Safina yaitu perjalanan Umroh dan Haji melaui online. Asphira akan mengoptimalkan anggotanya menawarkan produk ke masyarakat. Bedanya Safina dengan penjualan tiket online di salah satu web yang menawarkan tiket perjalanan, para anggota Asphira langsung berhadapan dengan masyarakat untuk menawarkan tiket perjalanan Umroh dan Haji.

Sementara target kedepan, Asphira menjadi bagian dalam membantu program pemerintah terutama Kementerian Agama. Aliansi juga akan membantu anggota mengimformasikan ke masyarakat terkait umroh mandiri. Pihaknya akan mengedukasi masyarakat apa keuntungannya umroh mandiri dan apa keuntungannya penyelenggara umroh.

Menurutnya, ke depan biro perjalanan Umroh dan Haji tidak baik-baik saja, saat ini biro perjalanan asal Saudi sudah masuk ke Indonesia melalui online, dan pemerintah Saudi sendiri memberikan kemudahan-kemudahan untuk masyarakat kita membuat visa Umroh dan Haji. "Jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri", tambahnya.

Untuk itu, kita sebagai wadah akan memberi pemahaman ke masyarakat, apalagi saat ini banyak oknum biro perjalanan yang melakukan penipuan, kita akan mengedukasi itu semua. Pihaknya juga berjanji akan melindungi anggota dan ke depan kita akan bergerak ke hulu, produksi di Arab Saudi kita harus menjadi subyek di sana.

Sementara Ketua Panitia Farida Astuti mengatakan, digelarnya munas pertama Asphirasi diharapkan mampu mencerdaskan masyarakat  dan mengajak mereka bisa memilih travel yang cerdas sehingga tidak lagi tertipu dengan travel yang belum berijin tapi sudah menyelenggarakan perjalanan sehingga masyarakat tertipu.

Artikel Terkait