Opini

Rizal Ramli, Penerus Cita-cita Bung Karno

Oleh : very - Selasa, 12/09/2023 21:12 WIB

Rizal Ramli adalah mantan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia (2000-2001) dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (2015-2016). (Foto: ist)

Oleh: Tulus Sugiharto*)

INDONEWS.ID - Jika sudah cinta maka, gunung dan laut akan dilalui untuk mendapatkan cinta sejati itu.

Itu kata lagunya Calum Scott – You are the reason. Duetnya dengan Leona lewis  560 juta kali ditonton, 3 juta like. Memang lagu dan liriknya keren banget dan paduan dua  suara keduanya menghasilkan sebuah lagu yang sangat keren, mengena lah.

Nama Calum  Scott mencuat setelah berhasil tampil menawan di Britain`s Got Talent pada tahun 2015.  Pengikut twitternya (X)  yang dulu cuma 400, sekarang  206 ribu.

Ikut Britisht got talent ngak ribet, bisa melalui https://www.itv.com/britainsgottalent.  Kirim saja kreasinya melalui audisi langsung, melalui video, WA bahkan pos. Jadi setelah lolos seleksi nanti seperti yang banyak kita lihat ada audisi yang berjenjang.

Itu kalau ikut Got Talent jalan menjadi bintang dunia, tapi  untuk jadi  calon Presiden atau wakilnya memang ada “audisinya “ melalui juri yang namanya partai politik. Memang  di beberapa partai politik  penentunya lebih pada ketua umumnya.

Kalaulah parpol itu ibarat sebuah talent scouting, maka perlu membuka secara luas siapa-siapa yang pantas jadi peserta dan kemudian dipilih untuk menjadi capres /cawapres.  Cuma sekarang misalnya PDI Perjuangan sudah menentukan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden mereka, meski belum sah karena belum disahkan oleh KPU.

Jadi kalau belum pasti, boleh dong kasih masukan calon lain untuk  PDI Perjuangan.  PDI Perjuangan adalah pelopor gerakan reformasi 1998 yang menekankan perlunya demokrasi di Indonesia, bebas mengemukakan pendapat baik lisan maupun tulisan.

Ada orang yang pernah bekerja sama dengan Ibu Megawati, dekat dengan alm Pak Taufik Kiemas bahkan menjadikan bung Karno sebagai idolanya.  Nama Rizal Ramli (bang RR) memang bukan nama asing di kalangan PDI Perjuangan,  bagi ibu Mega dan mbak Puan.

Pemikiran ekonominya dekat dengan Bung Karno, pro pada rakyat kecil dan bisa menjalankan  ideologi bung Karno, yaitu Trisakti, yang bertujuan membuat Indonesia kokoh dan makmur.

Ini bukan ilmu cocoklogi atau mencocok-cocokan tapi memang sejak muda bung Karno dan bung RR sudah berjuang untuk rakyat kecil. Memerdekakan dalam konteks masing-masing. Merdeka dari penjajahan tapi ujungnya merdeka dari kemiskinan dan kesulitan.

Bung Karno berjuang merdeka  dari penjajah asing sedangkan bang RR  berjuang merdeka dari bisnis kekuasaan dan peng-peng atau penguasa merangkap penguasa yang berpikir hanya untuk untung  kelompoknya.

Bung Karno anti inlander, bang RR juga ingin agar Indonesia menjadi Highlander, mereka berdua  out of the box dalam berpikir dan memiliki reputasi dunia.

Jauhkan PDI Perjuangan dari oligarki, kembalikan pada cita-cita besar bung Karno yang menjunjung tinggi keadilan dan kemakmuran.

Meminjam potongan lirik  lagu Calum Scoot,  bung Karno dan bung RR keduanya bertujuan sama,  I`d climb every mountain, akan kudaki setiap gunung and swim every ocean,  dan mengarungi setiap samudera. Just to be with you, Hanya untuk bersamamu - rakyat Indonesia.

*) Tulus Sugiarto adalah pemerhati sosial politik

Artikel Terkait