Gaya Hidup

Berbagi Cerita, Kuatkan Single Mom Hadapi Hidup

Oleh : rio apricianditho - Minggu, 17/09/2023 21:33 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Rumitnya membesarkan anak, berdua saja repot bagaimana sendiri. Yayasan Single Mom Indonesia (SMI) sekumpulan wanita 'tangguh' siap membantu para single mom melalui ruang sharing antar sesama 'ibu mandiri' yang saling menguatkan. Mereka memberikan tips melalui talk show bersama Balai Sarwono.

Founder SMI Maureen Hitipeuw sebagai pembicara didampingi Pemred indonews.id Asri Hadi selaku moderator membagikan pengalaman SMI dalam menguatkan dan memberikan edukasi bila seorang ibu ditinggal pasangannya baik karena cerai, kematian maupun mereka yang memiliki anak tanpa menikah.

Sembilan tahun sudah SMI berdiri dan baru saja merayakan hari jadinya tanggal 8 September lalu, punya pengalaman dalam mengola kesedihan karena ditinggal pasangan menjadi keceriaan menghadapi hidup dan membesarkan buah hati hanya seorang diri.

Menurutnya, umumnya single akan mencari tempat mencurahkan hari saat mereka ditinggal pasangannya. Itulah kenapa SMI ada karena, mereka siap mendengarkan kesedihan para single mom dan menimbulkan semangat untuk terus melanjutkan perjalanan hidup yang harus kita tempuh.

Selain berbagi pengalaman, SMI juga memberi pelatihan bagi single mom menghadapi tantangan hidup. Pelatihan yang SMI berikan solusi menghadapi tekanan ekonomi, SMI mengajarkan anggotanya menjadi pelaku usaha. Selain itu, SMI juga melatih para single mom cara membuat CV yang baik dan menghadapi wawancara pekerjaan.

Meski jarang berkumpul secara offline namun satu sama lain anggota SMI saling memberi solusi kehidupan. Mereka lebih banyak berada di ruang online tapi kekuatan saling menguatkan satu sama lain begitu kental, maka saat mereka bertemu di suatu acara seperti donor darah yang digagas Blood 4 Life dan Balai Sarwono banyak anggota SMI bertemu ada tangis bahagia antara mereka.

Untuk itu, SMI punya keinginan punya lokasi tetap Yayasan agar para anggota bisa sering bertemu dan berbagi. Dan di lokasi itu pula, bakal digunakan untuk pelatihan dan membuka gerai untuk anggotanya berjualan untuk menopang ekonomi mereka. Saat ini jumlah anggota AMI sudah 10.200 single mom yang tersebar di seluruh Indonesia dan dari latar belakang yang berbeda.

Artikel Terkait