Nasional

Jokowi Sampaikan Setiap Bulan Harus Ada Groundbreaking di IKN Nusantara

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 23/09/2023 15:28 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Pembangunan IKN juga turut dibantu oleh pihak swasta, termasuk para pihak yang terlibat di dunia usaha. 

Hal itu ditegaskan Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta yang merupakan hotel kedua di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), pada Sabtu, 23 September 2023.

"Kita hanya ingin menyampaikan kepada dunia usaha bahwa pembangunan di Ibu Kota Nusantara ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi dunia usaha sudah masuk," kata Jokowi.

Sejauh ini, kata dia, berbagai fasilitas dan infrastruktur telah dimulai pembangunannya di IKN seperti hotel, rumah sakit, taman safari hingga universitas. Jokowi berharap, setiap bulannya dapat menyambangi IKN untuk melakukan groundbreaking.

"Setiap bulan saya sudah minta kemarin kepada Kepala Otorita, setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya. Setiap bulan saya akan ke sini dan jadwalnya sudah disusun Kepala Otorita," ujarnya.

Dengan berbagai groundbreaking itu, Jokowi berharap pembangunan di IKN dapat selesai dengan cepat. Ia pun berterima kasih kepada para investor yang telah menanamkan modalnya untuk pembangunan IKN

"Saya mengucapkan rerima kasih kepada investor yang telah menanamkan modalnya. Saya kira mereka menanamkan modalnya bukan tanpa kalkulasi, karena ini adalah investasi yang tidak sia-sia, pasti mau untung," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Kamis, 21 September 2023. Menurut dia, hotel ini bintang lima dan akan menyusul pembangunan lainnya.

“Hari ini akan kita groundbreaking Hotel Nusantara  bintangnya bintang 5, bukan bintang 4 Pak Menteri. Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini groundbreaking Hotel Nusantara Bintang Lima secara resmi saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Selanjutnya, kata Jokowi, groundbreaking akan dilakukan lagi induk grosir, rumah sakit, training center PSSI serta lapangan sepak bola yang standar sesuai internasional FIFA. “Akan kita groundbreaking ada nanti 6 atau 8 lapangan bola, disini kira-kira selesai 6 bulan dan didanai langsung oleh FIFA,” jelas dia.

Artinya, kata Jokowi, internasional ini percaya kepada sepak bola Indonesia dimana FIFA memberikan PSSI untuk membangun di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

“FIFA berikan percaya PSSI bangun disini dan selama kita tidak memiliki training camp untuk sepak bola. Bagaimana sepakbola kita mau menang, training camp aja enggak punya. Nanti begitu kita punya 6 atau 8 lapangan bola di sini, training camp, kita lihat nanti 5-10 tahun akan datang jadi apa timnas kita,” ujarnya.

Sebab, Jokowi optimis tim nasional sepak bola Indonesia akan merajai minimal di Asia dan Asia Tenggara. Memang, kata dia, sekarang permainan sepak bola Tim Nasional Indonesia sudah mulai menang terus.

“Kita di Asean Games juara begitu punya training camp sepak bola. Saya meyakini kita akan bisa menaikkan level timnas kita ke tingkat yang lebih tinggi,” pungkasnya.*

Artikel Terkait