Daerah

Pj Bupati Brenhard Serahkan Hibah Pemda Maybrat untuk GPI Jalan Suci Jemaat Filipi Sembaro

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 10/10/2023 19:06 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pj Bupati Maybrat Dr. Brenhard. E Rondonuwu., S.Sos. M.Si didampingi Ketua DPRK Maybrat beserta Pj. Sekda Kab. Maybrat dan beberapa Pimpinan OPD kab melaksanakan kegiatan acara penyerahan bantuan hibah dari Pemda Kabupaten maybrat kepada GPI Jalan Suci Jemaat Filipi Sembaro di Distrik Ayamar Selatan, Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat Daya Selasa 10 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu, Pj bupati Maybrat menyampaikan sambutan. "Hampir rata rata kampung yang saya sudah datangi Ini adalah salah satu kampung yang bagus karana apa terlihat rapi rumah-rumahnya bersih.

Khusus Papua Barat Daya, bicara kampung, bicara kondisi kampung, bicara kondisi distrik kita masih lebih bagus. Saya terkesan waktu itu naik motor ada air terjun besar sangat luar biasa sehingga saya sering bicara dengan Kepala Bapeda ini mari kita angkat soal wisata.

Karena Kabupaten Maybrat kita tidak kembangkan objek - objek wisata kita kesulitan karana kekuatan fisik Maybrat sangat rendah 99,75% kita medapatkan bantuan dari Pusat kita hanya 0,25% itu pun hanya bisa mendapatkan sekitar 150 Juta bayangkan PAD kita itu sangat kecil.

Jadi semumpanya samoba dan sekitarnya bisa kita manfaatkan untuk wisata jadi kita harus bisa memanfaatkan yang ada di kampung ini supaya lebih baik lagi

Kami bersepakat untuk tahun depan karna kami sudah lihat tahun ini sudah berupaya di seluruh dedominasi gereja kita memberikan bantuan jadi kami ingin mendorong warga jemaat mendukung program pemerintah

Nanti polanya bagus kedepnya kita akan diskusikan dengan pengurus dedominasi gereja agar uang nya kita kasihakan mereka yang arahkan ke jemaat jemaat di bawah karna bapak dan ibu sekalian karna daerah sudah terprogram dengan anggaran kegiatan nya selama satu tahun.

Kita atur sekarang begitu agar tidak terjadi kecemburuan di antara jemaat jemaat sehingga seluruh jemaat mendapatkan hal yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi inilah rencana di tahun ini 2023

Kenapa kita bisa berpikiran begini karna di tahun 2024 ini boleh dibilang luar biasa sibuk mana mau pemiluh dan pemilunya berlapis lapis kalau bicra tentang pemiluh kita harus paham mana yang kita menyerhkan namanya hiba ke KPU, kita harus menyerahkan hiba ke bawaslu, kita harus menyerahkan hiba ke aparat TNI-POLRI

Kenapa harus kita atur karana pemerintah sudah menyiapkan dan memgatur agar pemiluh tahun tahun 2024 berjalan dengan aman apa lagi sudah melangkah ke pilkada 2025 jadi karna uangnya tidak terlalu bayak untuk kabupaten Maybrat jadi harus kita atur dengan baik.

Sehingga di tahun depan saya banyaj prioritas lebih fokus seperti contoh hampisr rata rata wilayah maybrat kesulitan air jadi prioritas kita salah satu nya adalah air bersi karna hampir rata rata jalan sudah dikerjakan.

Yang pertama adalah air bersi dan yang kedua adalah penerangan kemarin kita punya anggran tahun 2023 itu ada 121 titik lampu kami sebar di kampung yang dalam yang ketiga kita akan dorong namanya pertanian jadi yang kita dorong sekarang adalah gemar menanam.

Kita sudah lakuan di Kamundan dan kita juga akan buka saat ini 15 hektar untuk menyediakan dan menyiapkan lumbung yang namanya beras kita, jagung untuk kita semuanya agar kita tidak tergantung dengan yang lain.

Jadi sekarang kita galakan dan diisamping sebagai bahan makanan kita juga bisa mendapat uang dari situ contohnya sekarang kacang tanah kita lagi urus supaya dapat nomor registrasinya BPPOM supaya kalau kita jual ada di situ legal kita dorong seperti itu supaya mama mama bisa mendapat pengahasilan dari situ."*

Artikel Terkait