Nasional

Ketua DPR RI Puan Maharani dan PM Jepang Fumio Kishida Sepakati Penguatan Kerja Sama Antar Parlemen Kedua Negara

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 11/10/2023 08:26 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan hubungan kerja sama Indonesia - Jepang perlu diperkuat dengan melibatkan peran lebih besar parlemen kedua negara.

Demikian dikatakan Puan Maharani saat pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Selasa 10 Oktober 2023. Turut hadir dalam pertemuan bilateral itu Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi.

"Dengan ditopang hubungan parlemen yang kuat dan bersahabat, ke depannya kita inginkan persahabatan Indonesia dan Jepang menjadi lebih erat dan saling menguntungkan bagi rakyat kedua negara. DPR RI siap bekerja sama dengan Parlemen Jepang untuk mendukung pemerintah kedua negara melakukan kerja sama yang inklusif dan menguntungkan rakyat (people-oriented relations)," ujar Puan Maharani.

"Ekonomi Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir mengalami banyak kemajuan. Berbagai infrastruktur sudah dibangun yang membuat Indonesia dapat menjadi pusat produksi yang strategis di Asia. Kami berharap Jepang dapat menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia dalam berbagai sektor. Seperti di bidang otomotif, maupun dalam pembangunan IKN Nusantara yang sudah berjalan," tambahnya.

PM Kishida dalam pertemuan bilateral menyampaikan bahwa Indonesia - Jepang telah meningkatkan hubungan kedua negara menjadi Comprehensive Strategic Partnership.

"Presiden Jokowi dan saya telah meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Jepang menjadi Comprehensive Strategic Partnership. Saya harap hubungan kedua negara khususnya di bidang infrastruktur, energi termasuk dekarbonisasi dapat lebih ditingkatkan," kata PM Kishida. Ia juga berharap Ketua DPR RI Puan Maharani dapat memimpin pertukaran antara parlemen kedua negara.

Dubes Heri Akhmadi dalam kesempatan yang sama menggarisbawahi di peringatan 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang, KBRI Tokyo semakin memperkuat tidak hanya hubungan di berbagai bidang ekonomi dan politik, namun lebih pentingnya lagi adalah memperkuat kedekatan kedua bangsa, salah satunya dengan program Indonesia-Japan Friendship Day yang dilakukan di lebih dari 14 kota besar di Jepang.

Artikel Terkait