Nasional

Tak Muncul di Deklarasi Minggu Malam, Gerindra: Prabowo-Gibran Segera Tampil di Hadapan Publik

Oleh : very - Senin, 23/10/2023 12:12 WIB

Prabowo Subianto mendeklarasikan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka di kediaman Prabowo pada Minggu malam (22/10). (Foto: Ant)

Jakarta, INDONEWS.ID – Bakal calon presiden (capres) dari koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto mengumumkan putra sulung Presiden RI Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo di kediaman pribadinya, di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Minggu malam (22/10).

Namun, Gibran tidak hadir dalam acara tersebut. Hal itu, menurut Prabowo karena Gibran ada rapat.

“Ada rapat, kalau enggak salah (terkait pembahasan) APBD,” kata Prabowo singkat menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di luar kediamannya, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Minggu (22/10) malam.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, Koalisi Indonesia Maju segera menampilkan bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di hadapan publik. Namun, keduanya akan ditampilkan setelah syarat pendaftaran terpenuhi dan saat pendaftaran ke Kantor KPU RI di Jakarta.

Muzani menambahkan saat ini dokumen syarat pendaftaran bakal pasangan calon Prabowo-Gibran telah siap.

"Kami akan tampilkan pasangan Prabowo-Gibran ini ke hadapan publik," kata Ahmad Muzani di Jakarta, Senin seperti dikutip Antara.

Direncanakan, KIM akan mendaftarkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon peserta Pilpres 2024 ke Kantor KPU RI di Jakarta pada hari terakhir pendaftaran, yaitu pada Rabu (25/10).

"Insyaallah, kami mendaftar ke KPU RI, Rabu, pukul 10.00 WIB," kata Ahmad Muzani.

Dia menginforomasikan bahwa sebelum mendaftar, seluruh kader Partai Gerindra di Indonesia berdoa agar pendaftaran ke KPU RI berjalan aman dan lancar.

"Pak Prabowo juga akan berkumpul dengan keluarganya untuk berdoa bagi kelancaran pendaftaran dan kelancaran bagi proses pencalonan beliau sebagai capres," jelasnya.

Saat mendaftar pun, Prabowo-Gibran akan diantar oleh pimpinan partai anggota KIM, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

KPU RI membuka pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres pada tanggal 19-25 Oktober 2023. ***

Artikel Terkait